10 Hal Menarik Tentang Film Noah (2014)

Film yang dibintangi Russell Crowe dan Jennifer Connelly ini berkisah tentang seorang pria yang dipilih oleh sang pencipta dunia untuk melakukan misi penting menyelamatkan kaum yang tidak bersalah sebelum banjir besar menyapu orang-orang jahat dari dunia. Film ini menuai kontroversi di banyak negara karena tema agama yang diusungnya. Meski demikian, Noah tetap menjadi film yang menarik untuk diulas. Berikut 10 trivia atau fakta unik dan menarik dari film Noah:

Noah

1. Paramount Pictures sangat khawatir tentang tema agama dalam film Noah yang bisa saja menimbulkan pertentangan. Maka mereka menguji beberapa versi potongan film tanpa persetujuan dan sepengetahuan Darren Aronofsky, sang sutradara. Semua versi menuai kritikan dari penonton Kristen yang memperdebatkan referensi teks Alkitab yang ada dalam Kitab Kejadian. Aronofsky sangat kecewa dengan tindakan Paramount tersebut.

2. Menurut Darren Aronofsky, binatang yang terlihat dalam film sedikit meniru desain binatang yang sebenarnya. Tidak ada hewan nyata yang dipakai dalam pembuatan film ini.

3. Sebelum dirilis di negara manapun, Noah sudah dilarang di Bahrain, Qatar, dan UEA karena dianggap bertentangan dengan ajaran Islam. Film ini juga telah dilarang di Mesir dengan alasan yang sama, yakni melanggar hukum Islam dan bisa memprovokasi perasaan orang beriman.

4. Christian Bale dan Michael Fassbender sebelumnya pernah ditawari peran Noah, tapi mereka menolak karena bentrokan jadwal.

5. Ini adalah kali ketiga bagi Russell Crowe dan Jennifer Connelly untuk bermain bersama dalam sebuah film. Sebelumnya, mereka pernah bermain bersama dalam A Beautiful Mind (2001) dan Winter’s Tale (2014).

6. Film Noah memakai spesial efek yang sangat ekstensif. Aronofsky mengatakan ia dan krunya harus membuat “kerajaan binatang” tanpa menggunakan binatang asli. Industrial Light and Magic mengatakan bahwa pekerjaan mereka pada film ini adalah yang paling rumit dalam sejarah perusahaan.

7. Dalam versi ini, istri Noah bernama Naameh. Ini adalah variasi dari Naama, yang disebutkan dalam Kitab Kejadian 4:22 sebagai adik Tubal-Cain dan tidak dijabarkan lebih lanjut. Tetapi dalam beberapa tradisi Yahudi dan Kristen, Naameh dianggap sebagai istri Noah, sehingga membuat Tubal-Cain menjadi kakak ipar Noah.

8. Bukan hanya sekali beberapa karakter dalam film ini menyebut Tuhan dengan sebutan apa saja selain “Sang Pencipta.”

9. Russell Crowe menolak menyebut karakter Noah sebagai tokoh baik yang menyelamatkan kehidupan banyak binatang. Sebaliknya, Crowe menganggap karakter Noah adalah tokoh yang membiarkan semua manusia binasa.

10. Aktris Emma Watson yang memerankan karakter Ila memberikan kritikan tajam untuk film Noah. Menurutnya, setting waktu film ini sangat ambigu, bisa terjadi kapanpun, entah seribu tahun di masa depan atau seribu tahun di masa lalu.

Komentar Anda