Kehidupan di Perkotaan dan Pedesaan Iran

Kehidupan kota. Kebanyakn kota di Iran memiliki bagian yang lebih tua dan tradisional di samping bagian yang lebih modern. Masjid berkubah biru berdiri kokoh di bagian kota yang lebih tua. Kebanyakan bagian kota tradisional juga memiliki sebuah bazaar atau pasar tradisional. Dalam bazar, pedagang menjual makanan, produk kerajinan, dan barang-barang lainnya. Bazaar menyebar hingga ke lorong-lorong sempit yang dipenuhi dengan toko-toko kecil dan warung. Atap kubah bata di bagian atas bazaar melindungi pedagang dan pembeli dari sinar matahari dan hujan.

pasar iran

Bagian modern kota Iran memiliki rumah sakit, sekolah, apartemen, dan gedung perkantoran. Di distrik-distrik baru di kota besar, bioskop, taman, dan toko-toko modis serta restoran berjajar di sepanjang jalan.

Perumahan di kota meliputi bangunan apartemen modern dan rumah-rumah tradisional Iran. Rumah-rumah tradisional adalah bangunan kecil yang terbuat dari lumpur atau batu bata yang dikelilingi oleh tembok tinggi. Setiap rumah memiliki jalan ke sebuah halaman tengah. Halaman dihiasi dengan pohon, bunga, dan kolam kecil air. Kebanyakan apartemen dan rumah di Iran memiliki furnitur mirip dengan yang ada di rumah-rumah Amerika Utara dan Eropa. Karpet Persia, yang merupakan karpet oriental tenunan tangan asli Iran, menjadi penutup lantai di hampir semua rumah.

Kehidupan pedesaan. Sebagian besar desa-desa di Iran dihuni masyarakat tani di daerah yang memiliki cukup air untuk bercocok tanam. Desa-desa itu biasanya memiliki alun-alun kecil yang khas dan jalan utama yang lebar. Sebuah masjid dan pemandian umum ada di alun-alun. Satu-satunya toko di kebanyakan desa adalah toko kelontong kecil. Sebagian besar desa tidak memiliki klinik. Hanya desa-desa besar yang memiliki sebuah sekolah.

Sebagian besar keluarga di pedesaan tinggal di rumah-rumah tradisional yang memiliki satu atau dua kamar. Rumah-rumah itu terbuat dari lumpur atau batu bata yang tidak dibakar. Mereka menggunakan jerami atau lumpur sebagai atap rumah yang datar. Karpet atau tikar sederhana dipakai untuk menutupi lantai. Orang-orang duduk di atas bantal dan tidur di kasur di atas lantai. Mereka makan di atas kain yang digelar di lantai. Namun, rumah-rumah di sebagian besar desa Iran kekurangan listrik dan air.

Beberapa masyarakat pedesaan Iran adalah nomaden. Mereka melakukan perjalanan di pedesaan dengan domba, kambing, dan ternak lainnya ke daerah penggembalaan musiman. Para pengembara tinggal di tenda tebal berwarna hitam dan berbentuk bulat. Ketika sedang dalam perjalanan, mereka mengemas semua harta bendanya di punggung keledai atau unta.

Komentar Anda