Apa yang Terjadi pada Tanggal 10 April?

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa peristiwa penting dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 10 April.

kilas balik

1998: Di Irlandia Utara, politisi Protestan dan Katolik menandatangani Perjanjian Jumat Agung bersejarah, yang menjadi tonggak pembentukan kekuasaan pemerintahan bersama dan pelucutan senjata bagi semua kelompok paramiliter; perjanjian dimediasi oleh mantan senator AS, George Mitchell.

1991: Untuk melindungi orang-orang Kurdi, Amerika Serikat memerintahkan Irak untuk menghentikan semua kegiatan militernya di titik utara paralel ke-36 (36 derajat di utara ekuator bumi), menciptakan safe haven (zona aman untuk pengungsi) yang kemudian berada di bawah pemerintahan PBB; pada akhir Perang Teluk Persia, pemberontakan Kurdi telah ditekan oleh rezim Irak, dan krisis kemanusiaan besar berkembang saat pelarian Kurdi terhenti di perbatasan Turki dan terjebak di pegunungan.

1972: Amerika Serikat, Uni Soviet, dan 70 negara lainnya menandatangani Konvensi Senjata Biologis, setuju untuk “tidak pernah dalam situasi apapun mengembangkan, memproduksi, menyimpan, atau sebaliknya memperoleh atau mempertahankan” senjata untuk perang biologis; pada tahun 2001 Amerika Serikat menolak untuk menandatangani protokol perjanjian yang akan memantau larangan itu.

1919: Pemimpin revolusi Meksiko, Emiliano Zapata, dikhianati dan ditembak mati.

1877: Rekonstruksi berakhir ketika pasukan federal ditarik dari Columbia, SC. Rekonstruksi adalah periode (1865–77) setelah Perang Saudara dan proses di mana negara bagian Konfederasi diterima kembali ke dalam keanggotaan penuh di Union. Periode ini ditandai dengan perselisihan antara partai politik tentang bagaimana rekonstruksi harus berjalan dan antara presiden dan Kongres tentang siapa yang harus mengarahkannya.

Komentar Anda