Tangga Jabatan Pemerintahan Romawi Awal

Senat Roma
Senat Roma

Raja-raja yang memerintah Roma di tahun-tahun awal berdirinya memiliki sebuah dewan penasehat yang disebut Senat. Senat terdiri atas para kepala keluarga terkemuka di Roma. Ketika sistem monarki atau pemerintahan oleh seorang raja dihapuskan pada tahun 509 SM, dua kepala negara terpilih yang disebut konsul, mengambil tempat raja.

Untuk mencegah agar seseorang tidak menjadi terlalu kuat, kedua konsul itu hanya menjabat selama satu tahun. Konsul memimpin pemerintahan dan mereka juga memerintahkan tentara di masa perang. Mereka memiliki Senat sebagai dewan penasehat yang menjabat seumur hidup.

Tangga Jabatan Pemerintahan

Orang Romawi kaya yang ingin berhasil dalam kehidupan bermasyarakat dalam 100 tahun sebelum kelahiran Kristus harus mengikuti jalan yang disebut cursus honorum, atau “tangga” jabatan pemerintahan. Tangga pertama adalah pengabdian sebagai perwira militer di tentara, biasanya selama 10 tahun. Setelah itu, seorang kandidat bisa mencalonkan diri untuk mendapatkan jabatan hakim dengan masa jabatan selama satu tahun. Pos hakim paling junior adalah quaestor, salah satu pejabat yang bertanggung jawab atas keuangan Roma.

Tangga berikutnya adalah menjabat sebagai aedile. Aedile memiliki tanggungjawab seperti mengawasi pekerjaan umum serta menilai, mengukur, dan mengorganisir beberapa permainan publik. Mantan aedile bisa dipilih menjadi praetor. Praetor adalah pejabat peradilan di bawah konsul. Jika konsul tidak hadir, praetor bisa menggantikan mereka. Setelah menjabat sebagai quaestor, hakim biasanya akan memasuki Senat. Tapi seorang hakim hanya bisa mencalonkan diri menjadi konsul jika sudah pernah menjabat sebagai praetor.

Komentar Anda