Apa dan Bagaimanakah Binatang Jerboa?

Jerboa adalah mamalia yang bentuknya menyerupai kanguru kecil. Jerboa berwarna cokelat kekuningan, memiliki telinga lancip, mata seperti kancing, dan kumis panjang. Kaki depannya pendek, sedangkan kaki belakangnya panjang dan kuat. Jerboa biasanya berjalan menggunakan kaki belakang mereka. Ketika ketakutan, mereka akan segera menyingkir dengan cara melompat-lompat seperti kanguru.

jerboa

Jerboa adalah binatang pengerat. Mereka termasuk dalam kelompok hewan yang sama seperti tikus dan tupai. Mereka hidup di padang pasir dan daerah kering di Afrika, Asia, dan Eropa Timur. Jerboa hidup berkelompok di dalam liang tanah (terowongan). Mereka keluar pada malam hari untuk mencari makanan. Mereka makan tanaman, biji-bijian, dan serangga. Saat musim dingin, jerboa akan berhibernasi (tidur selama musim dingin).

Para ilmuwan telah mengidentifikasi 25 spesies jerboa. Jerboa berkaki bulu, salah satu spesies yang paling umum, ditemukan di bagian tengah dari Rusia melalui Mongolia ke Cina utara.

Jerboa dan kanguru tikus, yang tinggal di Amerika Serikat, sangatlah mirip sehingga sulit untuk membedakannya. Mereka adalah contoh dari apa yang oleh ilmu biologi disebut sebagai evolusi konvergen. Studi pada tengkorak dan gigi kedua hewan ini menunjukkan bahwa mereka memiliki nenek moyang yang sangat berbeda. Namun, di daerah kering di mana mereka tinggal, karakteristik serupa dikembangkan oleh kedua hewan tersebut.

Komentar Anda