10 Fakta Menarik Tentang Nutrisi Semangka

Semangka adalah buah segar dengan rasa yang lezat. Seperti buah-buahan lainnya, semangka memiliki banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh Anda. Namun, tahukah Anda apa saja fakta tentang nutrisi semangka? Berikut ini adalah 10 fakta gizi semangka yang mungkin belum Anda tahu.

makan semangka

1. Kandungan air tinggi, tanpa lemak

Semangka memiliki kandungan air yang tinggi (92%), tetapi kalorinya relatif lebih rendah dibandingkan dengan buah-buahan lainnya, rata-rata hanya sekitar 30 kalori per 100 gram. Buah ini juga tidak mengandung kolesterol atau lemak sehingga sangat baik bagi mereka yang sedang diet.

2. Kaya Vitamin A, vitamin C, dan beberapa vitamin B

Semangka kaya akan Vitamin A dan C (seperti kebanyakan buah lainnya) dan juga mengandung vitamin B6 yang baik untuk energi, vitamin B5, B2, dan sejumlah kecil vitamin B1. Vitamin C berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit.

3. Serat dan kalium

Semangka memiliki kandungan serat yang bisa membuang racun dari tubuh serta membuat kulit nampak sehat dan bercahaya. Buah ini juga merupakan sumber kalium yang kaya. Mineral ini sangat diperlukan untuk menjaga keseimbangan air dalam setiap sel dan mengurangi resiko kram otot. Di samping itu, kalium juga membantu mengontrol tekanan darah, mengurangi resiko pengembangan batu ginjal dan osteoporosis, serta mengatur detak jantung.

4. Likopen dalam semangka

Semangka kaya akan zat yang disebut likopen, sumber antioksidan karotenoid yang kuat. Likopen adalah pigmen merah yang juga ada dalam tomat. Nutrisi ini menetralkan radikal bebas dalam sistem tubuh dan mengurangi resiko terkena beberapa jenis kanker, terutama kanker prostat, payudara, paru-paru, dan rahim. Kandungan kalium dan vitamin C serta likopen dan besi dalam semangka dapat membantu melawan kelelahan.

5. Citrulline sebagai agen detoksifikasi

Kita dapat menemukan citrulline dalam daftar nutrisi semangka. Senyawa asam amino ini membantu membersihkan ginjal dan berfungsi sebagai agen detoksifikasi yang sangat baik.

6. Beta-karoten untuk mempertajam penglihatan

Semangka juga mengandung beta-karoten yang membantu menjaga penglihatan agar tetap tajam, terutama pada malam hari atau dini hari.

7. Obat untuk beberapa penyakit

Buah ini dapat menangani berbagai kondisi penyakit umum seperti asma, arthritis, diabetes, kanker usus besar, dan aterosklerosis. Likopen, selain mencegah kanker prostat, juga bisa mengurangi segala racun dalam tubuh sehingga turut mengurangi serangan asma. Beta-karoten dan vitamin C bisa melawan peradangan yang berperan dalam kondisi osteoarthritis atau rheumatoid arthritis.

8. Lebih dari sekedar buah berair

Semangka bukan hanya sekedar buah yang berair, tetapi juga dapat mencegah resiko terserang penyakit jantung. Semangka bisa melancarkan buang air besar, menurunkan retensi air, dan bisa menjadi teman yang baik bagi perempuan yang sedang menstruasi atau hamil.

9. Semangka untuk kulit

Semangka juga bagus untuk menyembuhkan kulit yang terbakar matahari. Kaum wanita biasanya menempelkan daging merah semangka pada wajah. Caranya, tempelkan sepotong kecil semangka di wajah, biarkan selama sepuluh menit, kemudian bilas dengan air hangat diikuti dengan percikan air dingin. Semangka bisa mengisi kembali nutrisi ke dalam kulit wajah sehingga menjadi cerah.

10. Semua bagian semangka dapat dimakan

Hal terbaik tentang semangka adalah bahwa semua bagiannya bisa dimakan, termasuk kulit dan bijinya. Orang China bahkan biasa menggoreng kulit semangka.

Komentar Anda