Fakta Sejarah dan Perkembangan Hip-Hop

budaya hip-hop

Hip-hop adalah sebuah gerakan budaya populer yang dimulai di Amerika Serikat pada era 1970-an. Hip-hop mencakup unsur-unsur seperti disc jockey, rap, tarian, fashion, seni, dan bahasa. Hip-hop memiliki dampak penting pada masyarakat kontemporer. Saat ini, hip-hop menjadi salah satu budaya paling populer di banyak belahan dunia.

Hip-hop dikembangkan di New York City, terutama di kalangan anak muda Amerika keturunan Afrika dan Hispanik. Hip-hop didasarkan pada jenis musik yang diciptakan oleh pemain yang dikenal sebagai disc jockey (DJ). DJ bermain menggunakan piringan hitam pada dua fonograf turntable (meja putar) secara bersamaan. Mereka memainkan pola perkusi berulang (loop breaks) dari sebuah lagu untuk menghasilkan ketukan ritmis. Scratching juga populer. Scratching adalah menggesekkan piringan hitam secara berulang di atas meja putar untuk menghasilkan suara yang mendecit. DJ perintis hip-hop antara lain Clive “Kool Herc” Campbell dan Afrika Bambaataa. Saat ini, banyak DJ hip-hop yang memprogram atau mengkompos musik secara elektronik.

Penampil yang dikenal sebagai emcee (MC) atau rapper mulai menemani musik yang diciptakan oleh DJ. Rapper merapalkan atau menyanyikan kata-kata dan sajak sesuai beat lagu. Para rapper mulai bersaing dalam “battle” di mana mereka akan menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berimprovisasi. Keterampilan ini melibatkan penciptaan sajak secara mendadak. Teknik vokal hip-hop lain yang disebut beatboxing juga mulai berkembang. Beatboxing melibatkan penggunaan suara untuk menirukan berbagai suara, khususnya suara hentakan drum dan alat musik lainnya. Artis rap dan hip-hop awal yang terkenal antara lain Doug E. Fresh, the Fat Boys, Grandmaster Flash and the Furious Five, Kurtis Blow, Run-D.M.C., dan the Sugar Hill Gang.

Unsur-unsur musik hip-hop muncul dalam banyak bentuk musik populer. Artis hip-hop yang populer di tahun 2000-an adalah Black Eyed Peas, Mary J. Blige, dan MIA. Pengikut hip-hop mengembangkan gaya tarian yang disebut break dance atau breaking. Penari break dance bisa berputar di punggungnya dan melakukan gerakan senam dalam musik hip-hop atau musik lainnya. Seperti rap, break dance juga sering dikompetisikan.

Gaya fashion tertentu juga muncul di kalangan pengikut hip-hop. Pakaian, perhiasan, dan gaya rambut hip-hop berubah dengan cepat dan sering mencerminkan wilayah atau selera terkini dari kelompok tertentu. Beberapa mode hip-hop yang populer antara lain pakaian baggy untuk pria, pola tradisional Afrika, dan emas berat atau perhiasan platinum untuk pria dan wanita. Beberapa mode hip-hop dikaitkan dengan keanggotaan suatu geng. Perancang busana tertentu menjadi populer dengan pengikut hip-hop. Sejumlah artis hip-hop menciptakan gaya pakaian mereka sendiri.

Beberapa orang menganggap grafiti sebagai bentuk seni hip-hop. Seniman grafiti melukis atau menggores kata-kata atau gambar di dinding tempat-tempat umum. Mereka sering mengidentifikasi diri dengan tanda tangan atau simbol tertentu yang disebut tag. Seniman graffiti atau artis terkenal yang telah menggunakan unsur-unsur grafiti dalam karya mereka antara lain Jean-Michel Basquiat, Fab 5 Freddy, Keith Haring, dan Shepard Fairey.

Hip-hop telah mengundang banyak kontroversi. Beberapa kritikus mengasosiasikan elemen hip-hop dengan aktivitas gangster. Lirik dan video dari beberapa artis rap sering dikritik karena senonoh, mengandung konten seksual yang kuat dan ekspresi kekerasan. Banyak orang menganggap grafiti sebagai bentuk vandalisme.

Komentar Anda