Mengenal Seluk-Beluk Negara Albania

Albania adalah negara pegunungan kecil di Semenanjung Balkan, Eropa tenggara. Albania merupakan salah satu negara berkembang di Eropa. Sebagian besar penduduknya bekerja di bidang pertanian. Nama Albania dalam bahasa Albania, bahasa resmi negara, adalah Shqipëria, yang berarti Tanah Elang. Nama lengkap resmi negara ini adalah Republika e Shqiperise (Republik Albania). Tiranë adalah ibukota sekaligus kota terbesar di Albania.

Alpen Albania

Pegunungan menutupi sebagian besar wilayah Albania. Pegunungan Alpen di Albania utara terletak di ketinggian 2.590 meter di atas permukaan laut. Gunung Korab (9. 2.764 meter) di bagian timur laut adalah titik tertinggi Albania. Dataran pesisir pantai terletak di sepanjang Laut Adriatik. Hutan semak mencakup sekitar 30 persen dari wilayah Albania.

Sungai utama Albania antara lain sungai Bune, Drin, Shkumbin, dan Vjose, semuanya mengalir ke Laut Adriatik. Namun, sungai Bune adalah satu-satunya sungai yang dapat digunakan untuk transportasi. Albania berbagi Lake Scutari (juga disebut Danau Skhodra) dengan Montenegro, Danau Ohrid dengan Macedonia, dan Danau Prespa dengan Macedonia dan Yunani.

Di sepanjang Adriatik, iklimnya nyaman dengan musim panas yang kering dan musim dingin berhujan. Wilayah pegunungan memiliki iklim moderat. Curah hujan tahunan rata-rata di negara ini bervariasi antara 100 sampai 150 cm.

Penduduk Albania terbagi menjadi dua kelompok utama, Gheg dan Tosk. Pembagian ini berdasarkan dialek Albania yang mereka pakai saat berbicara. Sebagian besar orang Gheg hidup di utara Sungai Shkumbin (Shkumbi), dan sebagian besar orang Tosk hidup di selatan sungai. Beberapa orang Yunani hidup di daerah yang berbatasan Yunani.

Sekitar setengah dari orang Albania hidup di peternakan atau di daerah pedesaan. Beberapa orang Albania di sepanjang pantai Adriatik bekerja di perikanan. Hanya ada sembilan kota di Albania yang memiliki populasi lebih dari 40.000 jiwa.

Standar hidup di Albania sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya. Pendapatan kebanyakan orang Albania kecil, tapi perawatan kesehatan, pelayanan sosial, dan pendidikan gratis. Roti, sayuran, susu, dan produk susu seperti keju menjadi makanan sehari-hari sebagian besar orang Albania.

Sekitar 70 persen dari penduduk Albania adalah Muslim. Sebagian besar sisanya, seperti Yunani dan sebagian Tosk, memeluk Gereja Ortodoks Timur. Semua anak-anak Albania wajib menyelesaikan pendidikan delapan tahun. Aleksander Xhuvani University di Elbasan dan University of Tiranë adalah universitas terbesar di negara itu.

Albania menjadi bagian dari Kekaisaran Ottoman selama lebih dari 400 tahun. Albania merdeka pada tahun 1912. Dari tahun 1944 sampai awal 1990-an, Albania adalah negara komunis. Seorang presiden berfungsi sebagai kepala negara di Albania. Seorang perdana menteri menjabat sebagai kepala pemerintahan dan memimpin kabinet, yang membantu melaksanakan fungsi pemerintah. Perdana menteri adalah pejabat paling kuat di negara ini.

Parlemen Albania, yang disebut Majelis, memiliki140 anggota. Majelis memilih presiden, yang kemudian menunjuk perdana menteri dan kabinet. Anggota Majelis dipilih oleh rakyat untuk masa jabatan empat tahun. Negara ini dibagi menjadi 12 qarqe (county). County ini dibagi lagi menjadi bashki (kota), komuna (komune), dan rrethe (distrik). Sebuah dewan perwakilan terpilih mengatur masing-masing distrik Albania.

One thought on “Mengenal Seluk-Beluk Negara Albania

  • 10/24/2015 at 10:26 am
    Permalink

    Negara kecil dan berpendapatan rendah tetapi bisa memberikan kehidupan yang layak kepada rakyatnya dengan sekolah gratis dan kesehatan gratis. Mengapa negara kita tidak bisa melakukan hal yang sama? gratis kesehatan dan pendidikan adalah tolok ukur kemajuan sebuah bangsa karena tanpa sehat dan terdidik bagaimana sebuah negara bisa maju?

    Reply

Komentar Anda