Bagaimana Bentuk Pemerintahan dan Politik Spanyol?

Pemerintah SpanyolSpanyol mengadopsi konstitusi baru pada tahun 1978. Konstitusi itu memberi Spanyol bentuk pemerintahan demokratis yang disebut monarki parlementer. Para pejabat publik utama meliputi seorang raja, perdana menteri, serta anggota kabinet dan parlemen.

Raja berfungsi sebagai kepala negara. Ia tidak memiliki peran langsung dalam menjalankan roda pemerintahan, tetapi ia memiliki peran sebagai penasehat dalam hal kebijakan. Raja mewakili negara dalam urusan diplomatik dan seremonial yang penting. Juan Carlos I, yang menjadi raja pada tahun 1975, memainkan peran penting dalam proses yang mengubah bentuk Spanyol dari kediktatoran menjadi demokrasi.

Perdana menteri memimpin pemerintahan nasional. Perdana menteri menunjuk anggota kabinet untuk menjalankan roda pemerintahan. Para pemimpin partai politik yang memegang kursi terbanyak di parlemen bisa menjadi perdana menteri.

Parlemen Spanyol, disebut Cortes, membuat undang-undang negara. Cortes terdiri atas majelis rendah yang disebut Kongres Deputi, yang memiliki 300-400 anggota, dan majelis tinggi yang disebut Senat, yang memiliki sekitar 260 anggota. Kongres memiliki kekuatan yang lebih besar dari Senat. Rakyat memilih semua deputi dan sebagian besar senator. Pemerintah daerah menunjuk sekitar seperlima dari para senator. Para anggota dari kedua institusi itu memiliki masa jabatan empat tahun. Warga Spanyol yang berusia 18 tahun atau lebih memiliki hak pilih.

Spanyol dibagi menjadi 50 provinsi. Konstitusi 1978 mengelompokkan provinsi menjadi 17 daerah yang disebut komunitas otonom dan menciptakan suatu sistem federal. Setiap komunitas otonom memiliki pemerintahan terpilih yang memiliki kekuasaan luas mencakup berbagai bidang seperti pendidikan dan kebudayaan. Pemerintah pusat mengontrol pertahanan dan kebijakan luar negeri, tetapi pemerintah pusat dan daerah berbagi tanggung jawab terhadap banyak hal. Setiap kota memiliki walikota dan dewan kota yang dipilih oleh rakyat.

Partai-partai politik terbesar di Spanyol adalah partai kanan-tengah, Partido Popular (Popular Party atau PP ) dan partai kiri, Partido Socialista Obrero Español (Partai Pekerja Sosialis Spanyol), disingkat PSOE. Partai penting lainnya adalah Izquierda Unida (Persatuan Kiri), sebuah koalisi dari beberapa partai-partai sayap kiri, termasuk Partai Komunis Spanyol. Wilayah Catalonia di timur laut Spanyol dan wilayah Basque di utara-tengah Spanyol memiliki partai-partai nasionalis lokal mereka sendiri.

Komentar Anda