Asal-Usul Penduduk dan Bahasa Spanyol

Orang SpanyolOrang Spanyol hidup dalam masyarakat yang semakin modern dan urban. Standar hidup mereka cukup tinggi. Dibandingkan generasi sebelumnya, kebanyakan orang Spanyol saat ini bisa makan dan berpakaian lebih layak, tinggal di rumah yang lebih layak, serta menerima pendidikan dan pelayanan kesehatan yang lebih baik. Dibandingkan dengan orang-orang dari negara lain, orang Spanyol memiliki harapan hidup yang relatif lebih panjang.

Meski Spanyol adalah negara industri modern, tetapi negeri matador ini tetap mempertahankan segala bentuk tradisinya. Kebanyakan orang Spanyol tinggal di daerah pedesaan sebelum perkembangan ekonomi negara itu meningkat di tahun 1950 dan 1960-an. Banyak warga desa yang dimiliki peternakan kecil. Sebagian lainnya bekerja di perkebunan besar. Sebuah gereja Katolik Roma berdiri di tengah-tengah sebagian besar desa Spanyol, walaupun banyak umat Katolik di sana jarang mempraktekkan ibadah agamanya.

Meski demikian, regionalisme dan Katolik tetap menjadi kekuatan penting dalam kehidupan masyarakat Spanyol. Tapi perubahan ekonomi dan sosial yang cepat telah mengurangi pengaruh kekuatan-kekuatan ini pada diri banyak orang Spanyol.

Orang-orang telah tinggal di tempat yang sekarang menjadi negara Spanyol selama lebih dari 100.000 tahun. Sekitar 5.000 tahun yang lalu, bangsa Iberia menduduki banyak wilayah Spanyol. Selama 4.000 tahun ke depan, kelompok lain mendatangi Spanyol sebagai penakluk, pemukim, atau pedagang. Bangsa Fenisia adalah kelompok yang pertama mendatangi Spanyol, diikuti oleh bangsa Celtic, Yunani, Carthage, Roma, Yahudi, Jerman, dan Muslim Afrika Utara dan Arab. Kelompok-kelompok ini bercampur satu sama lain dan menjadi nenek moyang bagi orang-orang Spanyol saat ini.

Sekitar tiga-perempat dari penduduk Spanyol tinggal di kota. Negara ini memiliki dua kota berpenduduk lebih dari satu juta orang. Kota-kota ini adalah Madrid, ibukota sekaligus kota terbesar negara, serta Barcelona yang terletak di pantai Mediterania.

Bahasa Spanyol Kastilia adalah bahasa resmi Spanyol dan bahasa yang digunakan oleh sebagian besar penduduk Spanyol. Pengucapannya sedikit bervariasi dari satu daerah ke daerah lain. Di beberapa daerah Spanyol, bahasa resmi kedua digunakan di samping bahasa Spanyol Kastilia. Banyak orang di Catalunya, Valencia, dan Kepulauan Balearic berbicara dalam suatu bentuk bahasa Catalan yang mirip dengan dialek selatan Perancis.

Beberapa penduduk Spanyol di wilayah Basque berbicara dalam bahasa Euskara, atau disebut juga Basque, yang tidak diketahui keterkaitannya dengan bahasa lain. Di Galicia, barat laut Spanyol, kebanyakan orang berbicara menggunakan bahasa Galicia, bahasa yang masih terkait dengan bahasa Portugis.

Komentar Anda