10 Makanan Manusia Paling Berbahaya Untuk Kucing

makanan kucing

Setiap pemilik kucing pasti tahu bahwa kucing lebih suka makanan manusia ketimbang makanan mereka sendiri. Bagi banyak pemilik kucing, tentu ini bukanlah masalah. Namun yang perlu diketahui, ada beberapa makanan manusia yang memiliki efek samping buruk dan bahkan dapat berbahaya bagi kesehatan kucing. Berikut 10 makanan orang yang paling berbahaya bagi kucing.

1. Kismis

Meskipun kismis adalah camilan lezat dan sehat bagi manusia, makanan ini dapat menjadi racun bagi kucing. Segenggam kismis dapat menyebabkan gagal ginjal mendadak pada kucing. Anda harus menghindari memberikan kismis pada hewan peliharaan, begitu pula dengan anggur. Jika kucing Anda tak sengaja memakannya, periksalah tanda-tanda keracunannya. Tanda-tanda yang terjadi dalam waktu 24 jam biasanya adalah diare, kurang nafsu makan, lesu, lemah, sakit perut dan penurunan buang air kecil.

2. Bawang Merah

Memberikan makanan bercampur bawang merah kepada kucing bukanlah hal yang tepat. Sulfoksida dan disulfida dalam bawang merah bisa menghancurkan sel-sel darah merah dan dapat menyebabkan masalah serius seperti anemia. Bubuk bawang merah sering menjadi bumbu tersembunyi dalam makanan, jadi berhati-hatilah. Bawang merah biasanya dapat ditemukan dalam makanan bayi dan makanan kemasan lainnya. Bacalah komposisi makanan terlebih dahulu sebelum diberikan pada hewan kesayangan Anda.

3. Bawang Putih

Bawang putih adalah anggota dari keluarga bawang dan itu juga berbahaya untuk kucing. Bawang putih bahkan dianggap lebih berbahaya daripada bawang merah karena racunnya lebih terkonsentrasi. Namun, sebagian besar makanan mengandung lebih sedikit bawang putih ketimbang bawang merah, sehingga efeknya dapat berkurang. Meski demikian, hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah benar-benar menghindari memberikan sesuatu yang mengandung bawang putih pada kucing.

4. Telur Mentah

Tidak seharusnya seseorang memakan telur mentah kecuali ia yakin tidak ada bakteri di dalamnya. Demikian pula dengan kucing, tidak seharusnya mereka diberi telur mentah. Risiko bakteri salmonella atau E.coli di dalam telur mentah terlalu tinggi dan keduanya dapat menyebabkan masalah serius pada hewan peliharaan. Bahkan jika Anda memiliki telur yang bebas bakteri, berhati-hatilah. Putih telur mengandung avidin, yang dapat menghentikan penyerapan Vitamin B.

5. Alkohol

Tentu sudah jelas bagi semua orang bahwa hewan peliharaan tidak boleh diberi minuman beralkohol. Tetapi dalam beberapa kasus, kucing dapat menyelinap dan meminum minuman beralkohol tanpa sepengetahuan pemiliknya. Seperti pada manusia, alkohol juga dapat menyebabkan intoksikasi dan keracunan alkohol pada kucing. Lebih parah lagi, tubuh kucing jauh lebih kecil dari manusia sehingga tidak memerlukan banyak alkohol bagi kucing untuk mengalami efek buruknya.

next

Komentar Anda