10 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Wikipedia

Wikipedia adalah situs yang paling banyak dikunjungi nomor delapan di internet. Situs ini adalah situs ensiklopedia online terbesar di internet dengan jutaan artikel dalam databasenya. Siapapun dapat berkontribusi dan mengedit artikel di Wikipedia, mempermudah semua orang untuk berbagi informasi, fakta, dan berita penting lainnya ke seluruh dunia. Sebagai salah satu website non-profit terbesar di internet, Wikipedia memiliki beberapa fakta menarik. Berikut adalah 10 fakta tentang Wikipedia.

Wikipedia

10. 15 January 2001

Tanggal 15 Januari 2014 lalu adalah ulang tahun Wikipedia ke-13. Tiga belas tahun lalu, sebuah website kecil diluncurkan Jimmy Wales dan Larry Sanger ke internet. Kini, website itu telah berkembang menjadi website raksasa dengan jutaan pengunjung per hari di mana setiap orang dapat berkontribusi di dalamnya.

9. Wiki

Wiki sebenarnya adalah sebuah kata dari bahasa Hawaii yang berarti “cepat” dalam bahasa Inggris. Namun, seiring perkembangan pesat dan popularitas Wikipedia yang terus menanjak, kata Wiki memiliki arti tersendiri, yakni aplikasi berbasis web yang memungkinkan orang untuk mengedit konten. Itulah sebabnya banyak situs serupa di internet yang juga bernama Wiki.

8. .com dan .org

Saat pertama kalinya Wikipedia diluncurkan, website ini bernama Wikipedia.com, bukan Wikipedia.org seperti saat ini. Apakah perbedaan dari kedua nama domain tersebut? Alasan mengapa mereka mengubah nama domain menjadi Wikipedia.org adalah karena Wikipedia diluncurkan untuk tujuan non-profit.

7. Vandalisme

Karena siapapun bisa mengedit isi Wikipedia, ada peluang kecil bagi orang untuk melakukan vandalisme atau perusakan artikel di Wikipedia. Sebagai contoh, vandalisme dapat terjadi pada jenis halaman tokoh masyarakat, halaman daerah, dan sejenisnya.

6. Bahasa

Sebagai situs ensiklopedia online terbesar di dunia, Wikipedia saat ini mendukung 260 bahasa yang berbeda. Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling populer di Wikipedia diikuti bahasa Jerman, Perancis, Italia dan Spanyol.

5. Konten Dewasa

Tahukah Anda bahwa konten dewasa adalah konten yang paling populer di Wikipedia? Hebatnya, konten dewasa sangat populer di hampir semua bahasa yang mendukung Wikipedia.

4. Pedoman

Yang membuat Wikipedia menakjubkan adalah kenyataan bahwa tidak ada sensor diberlakukan oleh Wikipedia. Namun, artikel yang akan diterbitkan di Wikipedia harus memiliki beberapa kriteria seperti Terverifikasi dan Netral.

3. Tampilan Laman (Page Views)

Sebagai situs paling banyak dikunjungi nomor delapan di internet, Wikipedia menghasilkan jumlah total tampilan laman yang luar biasa dalam setahun. Wikipedia mendapatkan 684 juta tampilan laman per tahun. Dan sekitar 21 persen dari total pengunjung Wikipedia datang dari Google Search Engine. Fakta ini menunjukkan bahwa Google dan Wikipedia sangat sempurna dalam hal memberikan informasi di internet.

2. Ketepatan

Sebuah survei mengatakan bahwa tingkat akurasi Wikipedia hanya 80 persen. Ini lebih rendah dibandingkan dengan Encyclopedia Britannica. Hal ini mungkin terjadi karena setiap orang dapat mengedit artikel Wikipedia dan jumlah artikel di Wikipedia begitu besar sehingga administrator tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk mengawasi semua suntingan.

1. Tidak ada Iklan

Ketika sebagian besar situs di layar internet memenuhi laman web mereka dengan iklan, Wikipedia tidak menampilkan iklan apapun di situs webnya. Ini tentu saja karena Wikipedia adalah situs non-profit berbasis donasi pengunjung.

Komentar Anda