10 Fakta Menarik Tentang Guillotine

Pisau besar dan mengerikan ini dipakai sebagai alat eksekusi para terpidana mati di Perancis pada jaman dulu. Joseph-Ignace Guillotin, dokter Prancis yang namanya dipakai menjadi nama pisau ini, meninggal 200 tahun yang lalu pada tanggal 26 Maret 1814.

guillotine

1. Dr. Guillotin tidak menciptakan guillotine, tetapi menganjurkan penggunaannya sebagai metode eksekusi yang manusiawi.

2. Dr. Guillotin sebenarnya sangat menentang hukuman mati, tetapi jika itu terpaksa harus dilakukan, “sebuah mesin yang bisa memenggal kepala tanpa rasa sakit” adalah cara terbaik untuk melakukannya.

3. Sebelum guillotine dipakai, eksekusi hukuman mati di Perancis dilakukan dengan kapak atau pedang untuk kaum bangsawan dan tiang gantungan untuk rakyat jelata.

4. Guillotine pertama kali dibuat oleh Antoine Louis dan pembuat harpsichord Jerman, Tobias Schmidt.

5. Orang pertama yang dieksekusi dengan guillotine adalah perampok Nicolas Pelletier pada tahun 1792.

6. Orang terakhir yang dieksekusi dengan guillotine adalah pembunuh Hamida Djandoubi di Marseilles pada tahun 1977.

7. Pisau logam guillotine yang beratnya sekitar 40kg.

8. Britania Raya memenggal kepala penjahat secara mekanis jauh sebelum Perancis. Dari tahun 1286 sampai 1650, sekitar 100 orang dieksekusi di Halifax dengan pisau jatuh.

9. Perkiraan jumlah orang yang dieksekusi dengan guillotine selama Revolusi Perancis antara 20.000 sampai 40.000 lebih orang.

10. Dr. Joseph-Ignace Guillotin meninggal dengan tenang tapi Dr. JMV Guillotin dari Lyons (tidak ada hubungannya) yang diguillotine.

Komentar Anda