Sejarah Perpolitikan Rusia dari Tahun ke Tahun

Partai RusiaPartai Komunis adalah satu-satunya partai politik resmi di Uni Soviet sampai Maret 1990. Pada saat itu, Konstitusi Soviet -yang memberikan kekuasaan penuh pada Partai Komunis- diubah. Sebuah koalisi partai politik dengan platform demokrasi, yang dikenal sebagai Gerakan Demokratik Rusia, mulai memainkan peran kunci dalam gerakan reformasi. Gerakan Demokratik Rusia memastikan kemenangan Yeltsin dalam pemilihan presiden bebas yang diadakan pada bulan Juni 1991.

Runtuhnya Uni Soviet menyebabkan pecahnya Gerakan Demokratik Rusia. Kelompok komponen ini pecah dan berkembang menjadi partai politik yang terpisah. Sejak saat itu, lanskap politik Rusia terus-menerus bergeser. Ada banyak partai politik dan koalisi, dan kekuasaan berpindah tangan pada setiap pemilihan.

Setelah pemilihan parlemen tahun 1993, Russia’s Choice atau kemudian disebut Democratic Choice of Russia (Демократический выбор России), mendapat kursi terbanyak di Duma Negara. Partai ini memperjuangkan pengurangan kontrol pemerintah pada sektor ekonomi dan reformasi lainnya. Partai Demokratik Liberal, sebuah kelompok nasionalis ekstrem, memperoleh kursi terbanyak kedua.

Pada pemilihan parlemen tahun 1995, Partai Komunis memenangkan jumlah kursi terbesar di Duma Negara. Seperti yang terjadi di era Soviet, Partai Komunis mendukung kontrol penuh pemerintah atas tanah dan industri. Our Home – Russia (Наш дом – Россия), sebuah partai reformasi moderat, memperoleh kursi terbanyak kedua di Duma Negara.

Pada pemilihan parlemen tahun 1999, Partai Komunis kembali memenangkan jumlah kursi terbesar di Duma Negara. Sebuah kelompok politik baru yang disebut Unity (Единство) merebut kursi terbanyak kedua. Agenda Unity adalah melanjutkan reformasi yang dimulai oleh pemerintahan Yeltsin. Anehnya, Unity membentuk pemerintahan koalisi dengan Komunis, yang menentang reformasi Yeltsin. Koalisi disatukan oleh Vladimir V. Putin, yang telah menjabat sebagai presiden Rusia pada tahun 1999 dan terpilih sebagai presiden pada tahun 2000.

Pemilu tahun 2003 memberikan sebagian besar kursi untuk United Russia (Еди́ная Росси́я), partai baru yang terbentuk dari Fatherland-All Russia (Отечество – Вся Россия) dan Unity. United Russia mendukung pemerintahan Putin. United Russia kembali memenangkan sebagian besar kursi dalam pemilihan Duma yang diadakan pada tahun 2007 dan 2011. Partai politik lain yang memiliki perwakilan di Duma antara lain Partai Komunis, Partai Demokrat Liberal, dan A Just Russia (Справедливая Россия).

Komentar Anda