Apakah Alergi Juga Menyebabkan Asma?

Orang yang memiliki beberapa jenis alergi lebih mungkin terserang asma. Apakah Anda memiliki alergi yang mempengaruhi hidung dan mata, menyebabkan hal-hal seperti hidung meler atau merah serta mata gatal? Jika demikian, Anda lebih mungkin terserang asma. Apapun yang menyebabkan reaksi alergi, seperti serbuk sari atau debu, juga dapat memicu gejala asma.

Alergi

Meski demikian, tidak semua orang yang memiliki alergi juga terkena asma, dan tidak semua asma terjadi karena alergi. Alergi dan asma dapat sedikit membingungkan, jadi mari kita pelajari lebih lanjut.

Sekitar 7 juta anak-anak di Amerika Serikat telah didiagnosa mengidap asma. Dari jumlah tersebut, sekitar tiga dari empat anak memiliki gejala asma yang dipicu oleh alergi terhadap sesuatu (disebut alergen). Pada orang-orang seperti ini, gejala asma seperti mengi, batuk, atau kesulitan bernapas sering terjadi jika mereka berada di sekitar alergen.

Alergi memiliki banyak hubungan dengan sistem kekebalan tubuh. Di sepanjang waktu, sistem kekebalan tubuh akan melawan kuman dan bakteri agar tubuh tetap sehat. Namun pada anak-anak yang menderita alergi, sistem kekebalan tubuh memperlakukan alergen (seperti serbuk sari) seolah-olah sedang menyerang tubuh, sebagaimana kuman yang jahat.

Ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap serangan alergen, tubuh melepaskan zat yang menyebabkan gejala alergi, seperti hidung meler atau merah dan mata gatal. Beberapa anak juga bisa mengalami gejala asma, seperti batuk, mengi, atau rasa sesak di dada.

Jika Anda mengidap asma, sebaiknya Anda mencari tahu apakah alergi yang menyebabkan gejala asma. Untuk mengetahui hal itu, Anda bisa mengunjungi dokter spesialis alergi yang disebut alergis.

Jika dokter menemukan bahwa Anda alergi terhadap hal-hal tertentu, cara terbaik untuk mencegah reaksi alergi (dan membantu menghentikan gejala asma yang mengganggu) adalah dengan menghindari tempat-tempat yang mengandung alergen tersebut. Dokter mungkin juga meresepkan obat untuk alergi jika Anda benar-benar tidak dapat menghindari sumber-sumber alergen itu.

Komentar Anda