Sekilas Mengenai Hewan Laut Teritip

Teritip adalah hewan laut yang ketika dewasa menghabiskan seumur hidupnya di tempat yang sama. Teritip biasanya melekat pada udang, lobster, kepiting, paus, bahkan batu. Semua spesies teritip memiliki cangkang. Teritip cenderung lebih suka hidup di perairan dangkal dan pasang surut.

Teritip

Teritip muda melayang dan berenang di dalam air. Ketika teritip mencapai tahap dewasa, hewan ini akan menempel pada benda padat dalam air. Teritip biasanya akan menempelkan dirinya ke batu atau bagian bawah kapal. Bahkan bisa saja ia menempelkan tubuhnya ke tubuh makhluk laut lain, seperti paus.

Ada sekitar 1.220 jenis teritip yang diketahui hingga kini. Beberapa di antaranya bisa tumbuh hingga sepanjang 75 cm. Teritip lainnya hanya berukuran kurang dari 2,5 cm. Teritip hidup di lautan di seluruh belahan dunia.

Seekor teritip memiliki antena tipis yang disebut cirri. Teritip akan memanjangkan cirri tersebut melalui lubang di cangkangnya. Ia menggunakan cirri untuk menangkap makanan. Makan teritip berupa plankton yang terdiri atas makhluk hidup kecil yang melayang-layang bersamaan dengan arus laut. Cirri itulah yang digunakan teritip untuk menjaring plankton masuk ke mulutnya.

Komentar Anda