Aquarius, Konstelasi Pembawa Air

Gambar Aquarius

Aquarius adalah konstelasi yang dikenal dengan “Water Bearer” atau “Pembawa Air”. Konstelasi ini berada di langit selatan antara konstelasi Pisces dan Capricornus. Aquarius bisa dilihat dengan baik sekitar bulan September sampai November. Aquarius adalah salah satu dari 48 rasi bintang yang didefinisikan oleh ahli matematika Yunani kuno, Ptolemy.

AquariusKini, Aquarius menjadi salah satu dari 88 rasi bintang yang diakui oleh International Astronomical Union, otoritas terkemuka dalam penamaan benda langit. Aquarius juga merupakan salah satu dari 12 tanda-tanda zodiak yang digunakan dalam astrologi.

Konstelasi Aquarius menyerupai seorang pria yang sedang memegang kendi air. Gambaran ini dapat ditarik dalam beberapa cara. Jika menggunakan pendekatan paling mudah, konstelasi Aquarius mencakup sekitar 16 bintang utama. Sembilan dari bintang-bintang tersebut membentuk figur orang. “Lengan” orang tersebut memegang lima bintang yang membentuk citra kendi air. Dua bintang di bawah “mulut” kendi merupakan air tumpahan yang keluar dari kendi.

Konstelasi Aquarius berisi Helix Nebula, salah satu nebula planet yang paling dekat dengan bumi. Nebula planet adalah gumpalan debu dan gas yang dilemparkan oleh bintang seukuran matahari ketika ia mati. Helix Nebula terletak sekitar 700 tahun cahaya. Satu tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh oleh cahaya dalam waktu satu tahun melewati ruang hampa udara, atau sekitar 9,46 triliun kilometer.

Komentar Anda