10 Makanan Jepang Paling Populer di Dunia

Jepang mempunyai banyak makanan yang lezat dan bercita rasa tinggi. Makanan orang Jepang dikenal memiliki kandungan nutrisi tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh dan otak. Karena rasa dan nutrisinya, makanan orang Jepang berikut ini menjadi sangat terkenal di seluruh dunia. Apa saja makanan populer Jepang yang mendunia? Simak ulasannya.

10. Yakitori

Yakitori

Yakitori juga bisa disebut sebagai “barbecue Jepang”. Makanan ini biasanya disajikan pada saat jamuan makan atau nongkrong dengan teman-teman di pub, karaoke, atau pesta ulang tahun. Yakitori dianggap sebagai “hangout food,” sebab hidangan super lezat ini hampir selalu ada dalam setiap rapat atau pertemuan.

Yakitori dapat dibuat dari berbagai daging, dari daging sapi, babi, atau hati ayam. Daging dipanggang sampai renyah, kemudian dilapisi dengan saus asam manis untuk mencapai tingkat kelezatan yang tinggi.

9. Kari Jepang

Kari Jepang

Kari Jepang sebenarnya adalah hidangan yang berasal dari India, tetapi juga sangat populer di Jepang. Tak seperti kari India, kari Jepang memiliki rasa yang lebih lembut dan tidak terlalu pedas. Karena banyak orang Jepang menyukai hidangan ini, kari disebut sebagai masakan resmi atau masakan nasional Jepang. Biasanya, kari disajikan dengan semangkuk nasi putih yang harum dan hangat.

Penggemar kari akan sangat senang berada di Jepang. Di negeri ini, ada puluhan jenis masakan kari dan semuanya sangat lezat dan eksotis. Ada banyak jenis daging yang dapat digunakan dalam kari Jepang, mulai dari daging ayam, daging sapi, dan seafood.

8. Yakiniku

Yakiniku

Yakiniku sebenarnya adalah masakan Korea yang diadaptasi oleh koki Jepang dengan menggunakan berbagai rempah-rempah dan bumbu tradisional Jepang, menjadikannya salah satu hidangan Jepang paling terkenal. Masakan ini terbuat dari irisan tipis daging sapi yang dilapisi saus Jepang yang lezat, kemudian dipanggang di atas panggangan barbecue menggunakan sepasang sumpit. Memasak Yakiniku membutuhkan sedikit ketrampilan menggunakan sumpit karena dagingnya cukup kecil.

Proses memasak Yakiniku sendiri membuat rasa hidangan ini lebih enak. Yakiniku biasanya disajikan di restoran, di mana pengunjung bisa datang dengan keluarga atau teman, duduk melingkar di sekitar panggangan, dan mengobrol sambil menikmati rasa masakan tradisional Jepang yang lezat ini.

7. Nabe

Nabe

Nabe bisa disebut sebagai “kebanggaan Jepang” dan jika Anda mengunjungi Jepang selama musim dingin, Anda harus menyantapnya. Nabe adalah sup tradisional Jepang, tapi tidak seperti sup miso yang dibuat dari bahan-bahan sederhana (hanya terdiri atas miso dan tahu), Nabe memiliki bahan-bahan yang lebih kaya. Biasanya, daging irisan, kepiting, mie, dan sayur-sayuran digunakan di dalam Nabe.

Nabe biasanya dimasak dalam panci besar berisi air panas dan beberapa bumbu. Kemudian, bahan-bahan ditambahkan ke dalam panci tersebut satu per satu lalu direbus sampai matang dan empuk. Setelah bahan-bahan sudah matang dengan baik, sup Nabe siap disajikan kepada setiap anggota keluarga.

6. Onigiri

Onigiri

Bagi mereka yang suka membaca manga atau menonton anime, makanan ini pasti sudah sangat akrab. Onigiri atau “nasi” merupakan salah satu jenis masakan yang dapat ditemukan dalam kotak makan siang setiap siswa atau karyawan kantor. Onigiri juga cukup mudah untuk dibuat. Nasi bisa diisi dengan bahan-bahan apapun yang inginkan, lalu dibentuk menjadi segitiga atau bola, kemudian diberi rumput laut kering dan asin di atas bola nasi.

Onigiri memiliki banyak rasa, tergantung bahan-bahan yang digunakan untuk mengisinya. Mulai dari plum yang memiliki rasa asam, telur ikan, atau irisan kecil salmon goreng. Onigiri bisa dimakan langsung atau disantap dengan saus khusus yang dapat memperkaya rasa hidangan Jepang yang mendunia ini.

next

0 thoughts on “10 Makanan Jepang Paling Populer di Dunia

  • 11/05/2014 at 8:34 pm
    Permalink

    Kayaknya sushi wajib jadi menu sehari-hari, selain enak juga bisa membuat pintar 🙂

    Reply

Komentar Anda