Sekilas Fakta: Kebiasaan Siput

Siput memakan tanaman, ganggang, puing-puing organik, hewan kecil lain, dan bangkai. Beberapa siput mengebor lubang di tubuh mangsanya, seperti tiram dan kerang, lalu memasukkan tabung penghisap yang panjang (semacam probosis) untuk mendapatkan jaringan lunak. Beberapa siput laut kecil adalah parasit dan bisa memakan bintang laut atau karang. Siput sendiri merupakan makanan bagi burung, ikan, udang karang, dan bahkan siput lainnya.

Did You Know

Banyak siput tanah dan siput laut tanpa cangkang adalah hermaprodit, yakni memiliki kelamin ganda (jantan sekaligus betina) dalam tubuhnya. Beberapa jenis siput akan mengubah jenis kelamin sepanjang hidupnya, biasanya dari jantan ke betina. Siput tanah biasanya bertelur di daerah lembab di bawah batu atau di dalam sedimen. Beberapa telur ini memiliki tutup pelindung keras.

Siput air tawar tertentu melahirkan anak yang sudah sepenuhnya berkembang. Siput laut dapat menyimpan telur yang menetas sebagai larva veliger. Beberapa jenis siput akan menjaga telur mereka sebelum menetas.

Komentar Anda