Etnisitas dan Bahasa di Ukraina

etnis ukrainaMayoritas rakyat Ukraina berasal dari etnis Ukraina. Etnis Rusia menjadi kelompok etnis terbesar kedua di negara ini. Kelompok-kelompok etnis lain dalah Belarusia, Bulgaria, Tatar Krimea, dan Moldova. Para pemimpin di pemerintahan Ukraina telah mendorong kerja sama antara kelompok-kelompok etnis. Ukraina juga terus berusaha untuk mengakomodasi masalah budaya dari kelompok etnis minoritas.

Kebanyakan orang Ukraina adalah keturunan Slavia Timur. Pada tahun 800, orang-orang Slavia Timur menjadi nenek moyang dari bangsa Ukraina, Belarusia, dan Rusia. Ketiga kelompok ini menjadi negara terpisah di abad-abad berikutnya. Ukraina bangga dengan identitas kebangsaannya dan mereka tetap melestarikan banyak tradisinya.

Bahasa Ukraina adalah bahasa resmi Ukraina. Dari tahun 1930-an hingga 1980-an, selama periode ketika Ukraina menjadi bagian dari Uni Soviet, Soviet memaksa Ukraina untuk menggunakan bahasa Rusia dalam pemerintahan, sekolah, surat kabar, dan televisi. Banyak warga Ukraina yang membenci kebijakan ini. Puluhan tahun kebijakan Soviet ini diterapkan membuat banyak warga Ukraina yang lebih mahir berbahasa Rusia ketimbang bahasa Ukraina.

Pada akhir 1980-an dan awal 1990-an, semakin banyak etnis Ukraina dan non-Ukraina mulai mempelajari bahasa Ukraina. Pemerintah memperbolehkan kelompok etnis minoritas untuk menggunakan bahasa mereka sendiri di sekolah-sekolah dan kegiatan lokal lainnya.

Bahasa Ukraina memiliki beberapa dialek regional yang bervariasi menurut sejarah suatu daerah dan pengaruh budaya lain di wilayah tersebut. Misalnya, dialek Ukraina yag diucapkan oleh orang Ukraina barat menunjukkan beberapa pengaruh bahasa Polandia. Dialek dari timur Ukraina lebih mencerminkan sifat Rusia.

Komentar Anda