Mengenal Zebra Dataran yang Eksotis

Zebra dataranZebra adalah salah satu hewan yang paling dikenal di dunia karena belang hitam dan putih di tubuhnya. Zebra dataran (Equus quagga) adalah spesies yang paling banyak jumlahnya dari tiga spesies zebra lainnya yang menghuni padang rumput di timur dan selatan Afrika. Dua spesies zebra lainnya adalah zebra gunung (Equus zebra) dan zebra primitif (Equus grevyi).

Secara umum zebra dataran berukuran lebih kecil dari dua spesies zebra lainnya. Tingginya bervariasi antara 1 sampai 1,5 meter dengan berat hampir 450 kg. Zebra dataran juga memiliki pola garis yang berbeda dari spesies lain. Mereka memiliki garis-garis horizontal yang mengarah ke belakang dan garis-garis vertikal yang mengarah ke depan. Kedua garis itu bertemu membentuk pola garis segitiga di tengah tubuh mereka. Zebra dataran juga memiliki garis dari tengah punggung hingga ke ekor, di samping juga garis-garis di bagian perut. Meskipun semua zebra dataran memiliki kesamaan dalam pola garis, tidak ada dua zebra yang memiliki pola garis sama persis.

Zebra memiliki pendengaran dan penglihatan yang sangat baik yang membantu mereka tetap terjaga dari serangan predator seperti singa, hyena, dan cheetah. Hewan ini juga memiliki kecepatan lari hingga 56 km/jam dan tendangan yang kuat. Jika seekor zebra melihat predator, ia akan mengeluarkan suara keras untuk memanggil kelompoknya. Zebra muda dan zebra betina lain akan lari, sedangkan zebra jantan akan datang dan bergabung untuk membelanya. Jika salah satu zebra diserang, zebra-zebra lain akan melingkar untuk melindunginya dari predator.

Zebra dataran adalah hewan herbivora. Mereka menghabiskan sebagian besar waktunya untuk makan rumput, terkadang makan daun dan batang tanaman. Agar bisa terus mengunyah makanan, gigi belakang zebra terus tumbuh sepanjang hidup mereka.

Zebra dikenal sering melakukan perjalanan jarak jauh untuk mencari makanan dan air ketika musim kemarau tiba. Ketika sedang tidak makan atau bepergian, zebra memanfaatkan waktunya untuk tidur. Tetapi zebra hanya bisa tidur ketika mereka sedang berada dalam kelompok besar sehingga bisa tetap waspada terhadap bahaya. Zebra tidur sambil berdiri!

Sebuah keluarga zebra dataran biasanya terdiri atas seekor pejantan, beberapa betina, dan anak-anak mereka. Ketika zebra betina hamil, dibutuhkan waktu 13 bulan untuk melahirkan anaknya. Kelompok keluarga ini sering bergabung dengan kelompok keluarga lain untuk membentuk kawanan besar. Zebra dapat hidup di alam liar hingga 25 tahun. Seperti banyak hewan lainnya, zebra dataran rentan terhadap perburuan dan perusakan habitat. Banyak zebra dataran kini hidup di kawasan lindung.

Komentar Anda