Anjing Jenius ini Mengerti 1000 Kata

anjing jenius
Chaser dan mainannya.

Anjing cerdas ini bernama Chaser. Ia tidak bisa bicara tapi mengerti lebih dari 1000 kosakata. Kemampuan ini hampir sama dengan balita dan jauh lebih hebat dari hewan lain yang pernah diteliti sebelumnya.

John Pilley adalah pemilik sekaligus pelatih Chaser. Ia adalah seorang psikolog yang mempelajari pikiran, perasaan, dan perilaku. Ketika ia mengadopsi Chaser pada tahun 2004, ia ingin mengetahui apakah ia bisa mengajarinya lebih dari 200 kata. Itu adalah rekor sebelumnya milik anjing border collie lain bernama Rico.

Hanya dalam tiga tahun, Chaser telah menguasai 1000 kata, termasuk 800 nama boneka binatang dari kain, 116 bola, dan 26 frisbee. Mengapa Chaser menggunakan begitu banyak mainan? Pilley menjelaskan bahwa anjing sangat mirip balita manusia. “Cara terbaik bagi anjing maupun balita untuk belajar adalah dengan bermain,” katanya. Untuk mengajarkan Chaser nama objek baru, Pilley akan menunjukkan benda itu kepadanya dan menyebutkan namanya hingga 40 kali. Lalu ia akan menyembunyikannya dan meminta Chaser untuk mencarinya. Chaser sangat menyukai permainan ini dan bisa bermain selama empat sampai lima jam sehari.

Untuk terus mengajari Chaser, Pilley senantiasa membeli beberapa tas berisi mainan bekas di toko Salvation Army. Akhirnya, Pilley merasa bosan mengajarkan kata-kata baru dan mulai mengajari Chaser memahami kalimat sederhana.

Bisakah anjing Anda melakukan hal yang sama? Ya, menurut Pilley. Ia percaya bahwa setiap anjing dapat belajar bahasa seperti anak kecil. “Pikiran anjing dan pikiran kita jauh lebih mirip daripada yang kita duga,” katanya.

Komentar Anda