Seberapa Cerdaskah Seekor Gurita?

Meskipun gurita dianggap sebagai hewan invertebrata yang paling cerdas, sulit bagi para ilmuwan untuk mengungkapkan kecerdasan seekor gurita (octopus). Banyak penelitian yang menunjukkan kemampuan gurita dalam berpikir, menggunakan alat-alat, dan bahkan terlibat dalam permainan. Dalam pengamatan, gurita  mampu membuka tutup botol untuk mengambil kepiting atau makanan lain di dalamnya.

Did You Know

Gurita bisa menyemburkan air dengan sangat kuat untuk membersihkan sarangnya dari bermacam kotoran atau mengusir ikan dan makhluk lain yang mengganggunya. Saat dalam kolam, gurita bisa menyemburkan air pada mainan yang mengambang disana dan membuat mainan itu memantul kembali padanya.

Para ilmuwan juga mengamati bahwa gurita yang berbeda akan merespon situasi yang sama dengan cara yang berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa gurita kemungkinan memiliki kepribadian individual. Misalnya, saat berhadapan dengan seorang penyelam scuba, beberapa gurita mundur, sementara yang lain mendekati penyelam itu dan memeriksanya dengan tentakel dalam rasa keingintahuan yang besar. Perilaku ini menyebabkan beberapa ilmuwan menduga bahwa hewan air ini memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi.

Komentar Anda