Tokoh Besar Dunia yang Lahir pada 1 Januari

Born on This Day – Berikut adalah nama-nama tokoh besar dunia yang lahir pada tanggal 1 Januari:

J. Edgar Hoover
J. Edgar Hoover

1449: Lorenzo de’ Medici, dikenal dengan sebutan Lorenzo the Magnificent, seorang diplomat, politikus, dan pelindung para seniman, pelukis, penyair dan filsuf di Florence seperti Sandro Botticelli, Domenico Ghirlandaio, Leonardo da Vinci, Fra Filippo Lippi, Michelangelo, dan Andrea del Verrochio. Ia dikenal karena kontribusinya dalam dunia seni dengan memberikan sejumlah besar uang untuk para seniman sehingga mereka bisa membuat masterpiece karya seni.

1502: Gregory XIII, Paus dari tahun 1572 hingga 1585 yang dikenang karena reformasinya pada kalender (1582) yang dikenal dengan nama kalender Gregorian. Kalender ini masih berlaku hingga saat ini.

1735: Paul Revere, seorang perajin perak dan patriot Amerika yang terkenal karena perjalanannya dari Charlestown ke Lexington, Massachusetts, pada malam 18 April 1775, untuk memperingatkan bahwa pasukan Inggris telah datang.

1752: Betsy Ross, seorang penjahit Philadelphia yang menurut legenda adalah orang yang membuat bendera Amerika pertama atas permintaan George Washington.

1864: Alfred Stieglitz, tokoh fotografi Amerika paling penting yang berhasil mengangkat fotografi menjadi seni rupa. Ia adalah jawara avant-garde di semua jenis seni visual.

1879: E.M. Forster, novelis, esais, dan penulis cerita pendek terkemuka Inggris. Forster menuliskan pengamatannya saat berkunjung ke India ke dalam salah satu novel paling abadi berjudul A Passage to India (1924).

1895: J. Edgar Hoover, direktur Biro Investigasi Federal (FBI) yang lama menjabat antara tahun 1924 hingga 1972. Ialah yang berhasil mengubah FBI menjadi pusat penegakan hukum nasional.

1911: Hank Greenberg, seorang pemain bisbol profesional Amerika pada 1930-an dan 1940-an. Ia adalah salah satu pemukul bola utama dari generasinya dan secara luas dianggap sebagai salah satu pemukul bola terbesar dalam sejarah bisbol.

1919: J.D. Salinger, penulis Amerika yang meraih popularitasnya dari satu novel tunggal, The Catcher in the Rye (1951) yang berkisah tentang kecemasan dan keterasingan remaja. Novel ini sangat laris dan terjual sebanyak 250.000 kopi per tahun.

Komentar Anda