Membersihkan Layar Sentuh dengan Kain Lap Microfiber

Membersihkan layar sentuh

Seringkali layar sentuh (touchscreen) gadget Anda kotor karena bermacam noda menempel disana, seperti debu dan bekas sidik jari. Noda yang menempel di layar sentuh gadget tentu mengganggu pandangan. Oleh karenanya, bersihkan layar sentuh ponsel, tablet, MP3 player, atau perangkat lainnya dengan teratur agar senantiasa bersih, awet, dan enak dipandang. Berikut cara mudah membersihkan noda dan kotoran yang menempel pada touchscreen gadget Anda.

1. Ambil kain lap microfiber. Kain ini sangat ideal untuk membersihkan layar sentuh. Beberapa gadget menyertakan kain tersebut dalam boksnya. Jika tidak ada, Anda dapat memakai kain yang biasa digunakan untuk membersihkan kacamata.

Harga kain lap microfiber bervariasi. Biasanya, kain yang direkomendasikan oleh perusahaan untuk produk mereka harganya jauh lebih mahal. Lebih baik carilah minimarket atau konter yang menjual kain lap microfiber biasa atau kain penggantinya yang harganya lebih murah namun tetap efektif.

2. Matikan perangkat sebelum dibersihkan. Akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk melihat bagian mana yang kotor jika perangkat tersebut dalam keadaan mati.

3. Bersihkan layar sentuh dengan sekali gerakan melingkar kecil menggunakan lap microfiber. Cara ini akan menghapus sebagian besar noda yang jelas terlihat.

4. Hanya jika benar-benar diperlukan, lembabkan kain lap dengan air bersih sampai ke sudut-sudutnya lalu ulangi gerakan melingkar kecil. Anda juga bisa melembabkan layar menggunakan hembusan nafas. Baca petunjuk yang menyertai kain yang Anda gunakan. Beberapa dari kain tersebut perlu sedikit dibasahi sebelum digunakan.

5. Bersihkan lagi layar sentuh dengan kain microfiber untuk terakhir kali. Jangan terlalu keras menggosok touchscreen meskipun layar masih sedikit lembab, biarkan udara yang mengeringkannya. Juga, jangan terlalu menekan layar saat membersihkannya.

Untuk mencuci kain microfiber Anda, rendamlah dalam air sabun hangat. Air hangat berfungsi membuka serat dan melepaskan kotoran yang terkumpul di dalamnya. Gosok kain dengan ringan saat perendaman (jangan terlalu keras atau kain akan rusak).  Setelah perendaman, jangan memeras kain secara berlebihan, biarkan udara yang mengeringkannya.

Jika sedang terburu-buru, Anda bisa meniup-niup kain lap microfiber itu sampai kering. Terakhir, jangan langsung gunakan kain lap itu untuk membersihkan layar apapun setidaknya sampai kain benar-benar kering.

Komentar Anda