Karakteristik Falcon si Burung Pemangsa

alap-alap kawahFalcon tergolong ke dalam famili Falconidae, yang meliputi falcon, caracaras, dan falcon hutan. Mereka adalah burung tercepat di bumi. Peregrine falcon (alap-alap kawah) bisa terbang dengan kecepatan 290 kilometer per jam. Falcon bisa ditemukan di setiap benua kecuali Antartika. Mereka tinggal di berbagai habitat, seperti padang pasir, padang rumput, rataan pasang surut, tundra Arktik, padang rumput, hutan tropis, dan bahkan kota-kota.

Falcon adalah raptor atau burung pemangsa. Mereka memiliki tubuh yang pendek dan kekar serta sayap yang runcing dan panjang. Sayap ini sangat cocok untuk terbang bermanuver di udara dengan kecepatan tinggi untuk berburu. Paruhnya yang pendek dan membengkok memiliki semacam gigi untuk membunuh mangsanya. Sementara jari kakinya yang kuat dan panjang memiliki cakar tajam yang digunakan untuk memukul mangsa dari udara dan menangkapnya di tanah.

Warna Falcon bervariasi dari kelabu-biru, coklat kemerahan, sampai hitam. Banyak juga yang memiliki warna putih cerah dengan garis-garis hitam. Falcon sejati seperti alap-alap kawah dan kestrel Amerika memiliki semacam tudung, yakni tanda hitam khas di kepala.

Falcon terkecil adalah black-thighed falconet dari Asia Tenggara. Panjangnya sekitar 15 cm dengan lebar sayap sekitar 30 cm. Sedangkan yang terbesar adalah gyrfalcon yang bisa ditemukan di Amerika Utara, Eropa, dan Asia. Panjangnya bisa mencapai 64 cm dengan lebar sayap lebih 1,5 meter.

Falcon makan berbagai binatang sepeti kadal, ular, mamalia kecil, serangga besar, dan bahkan burung lain. Caracaras juga memakan hewan mati (bangkai). Suara falcon bervariasi, dari jeritan melengking, lolongan seperti kucing, hingga suara kek-kek-kek yang keras. Falcon aktif di siang hari.

Komentar Anda