Apa Saja Pencapaian Orang-orang Yunani Kuno?

Orang Yunani KunoBanyak seni dan kebudayaan Barat yang berakar pada peradaban Yunani kuno. Selain itu, banyak ide-ide modern tentang seni, politik, dan ilmu pengetahuan yang dapat ditelusuri kembali hingga ke masa Yunani kuno.

Politik dan Pemerintahan

Di banyak negara saat ini, rakyat memilih pemimpin mereka melalui pemilihan umum. Beberapa pemilih juga memiliki hak untuk menyetujui atau menolak undang-undang baru. Sebuah pemerintahan yang memberikan hak penuh kepada warganya untuk memilih pemimpin dan membuat undang-undang disebut demokrasi. Akar dari bentuk pemerintahan ini bermula di Yunani kuno.

Beberapa negara-kota Yunani memiliki pemerintahan yang demokratis, tetapi pemerintah Athena adalah yang paling canggih. Orang Atena percaya pemerintah harus didasarkan pada hukum, bukan keputusan dari satu atau beberapa orang saja, sehingga pemerintah akan meminta masukan dari banyak orang. Gagasan tentang pemerintahan berlandaskan hukum ini tetap menjadi prinsip tata negara terpenting sampai saat ini.

Filsafat

Seorang Yunani kuno bernama Protagoras percaya bahwa setiap orang harus bisa memutuskan sendiri apa yang benar untuk dirinya. Kemudian, melalui debat dan diskusi, sekelompok orang dapat menciptakan hukum terbaik. Peran individu dalam masyarakat menarik perhatian para pemikir Yunani yang disebut filsuf.

Filsafat berasal dari dua kata Yunani yang berarti “cinta akan kebijaksanaan”. Beberapa filsuf Yunani mempelajari bintang-bintang, kehidupan hewan, dan cara tubuh manusia bekerja. Filsuf lainnya menjelaskan etika, sifat tindakan atau ide yang benar dan salah. Sampai kini, orang-orang masih mempelajari filsafat Yunani kuno untuk membantu mereka memahami bagaimana manusia dapat menjalani kehidupan dengan baik.

Seni dan Arsitektur

Manusia menjadi pusat dari beberapa karya seni terbesar Yunani. Penyair dan penulis mengeksplorasi emosi dan hubungan manusia. Pematung Yunani belajar bagaimana menunjukkan pada orang-orang diri mereka sesungguhnya, dengan emosi dan gerakan tubuh. Pelukis Yunani kuno juga memiliki keterampilan mengeksplorasi manusia.

Orang-orang Yunani juga unggul dalam bidang arsitektur. Mereka memiliki gaya bangunan khas yang disebut order. Setiap order mewakili jenis dan jumlah pilar tertentu. Gaya pilar dan desain bangunan Yunani masih digunakan sampai sekarang.

Komentar Anda