Apa Arti Urin Berwarna Merah bagi Kesehatan?

Mengapa urin bisa berwarna merah? Urin atau air kencing berwarna merah muda atau merah bisa disebabkan karena makan bit, blackberry, atau rhubarb. Urin merah juga dapat disebabkan karena adanya darah dalam urin. Urin bisa saja mengandung sel-sel darah merah atau hemoglobin yang terlepas dari sel darah merah yang rusak.

Did You Know

Urin mungkin juga mengandung mioglobin, pigmen merah yang menyimpan oksigen dalam otot. Sel-sel otot yang rusak dapat melepaskan mioglobin sehingga membuat urin berwarna merah. Darah dalam urin bisa menjadi tanda bahwa ada luka pada ginjal, kandung kemih, atau saluran kemih. Keracunan timbal dan merkuri juga dapat menghasilkan urin merah.

Pada wanita, bukaan saluran pencernaan, saluran kemih, dan saluran reproduksi letaknya berdekatan, sehingga terkadang tes medis diperlukan untuk mencari tahu dari mana darah dalam urin berasal.

Urin dapat menjadi merah muda setelah mengkonsumsi obat pencahar yang mengandung zat fenolftalein. Fenolftalein akan mengubah warna urin menjadi pink ketika berada dalam alkali urin. Beberapa negara melarang fenolftalein dalam obat pencahar karena pada dosis tinggi bahan kimia ini dapat menyebabkan kanker pada hewan laboratorium.

Komentar Anda