Seberapa Jauhkah Galaksi Besar Terdekat?

Galaksi besar yang paling dekat dengan galaksi Bima Sakti yang kita huni ini berjarak sekitar 2,9 juta tahun cahaya. Galaksi itu dikenal dengan nama galaksi Andromeda. Ukuran galaksi Andromeda dua kali lebih besar dari ukuran galaksi Bima Sakti.

Did You Know

Tapi ada lebih dari selusin galaksi kecil yang lebih dekat dari Andromeda. Dua darinya adalah galaksi Awan Magellan Besar (Large Magellanic Cloud) dan Awan Magellan Kecil (Small Magellanic Cloud). Galaksi-galaksi kecil tersebut sepuluh kali lebih dekat daripada galaksi Andromeda dan ukurannya sepuluh kali lebih kecil. Awan Magellan mengorbit galaksi kita sebagaimana bulan mengorbit bumi.

Ada sekitar selusin galaksi samar berukuran sangat kecil terletak di antara galaksi Awan Magellan dan Andromeda. Galaksi-galaksi tersebut memiliki nama seperti “Leo” dan “Sagitarius,” sesuai dengan nama konstelasi di mana mereka terlihat. Salah satunya disebut galaksi kerdil karena saking dekatnya seolah galaksi ini sedang “menyerang” galaksi kita. Galaksi kerdil ini mengorbit di sekitar pusat Bima Sakti dan mungkin sudah ada disana sejak kelahirannya.

Komentar Anda