Seberapa Berbahayakah Seekor Beruang?

Beruang beradaptasi untuk menangkap mangsa dan memakan daging. Meski makanan mamalia ini kebanyakan berupa tanaman, beruang masih memiliki gigi dan cakar yang tajam serta otot yang kuat. Beruang biasanya tidak memangsa manusia dan mereka berusaha untuk menghindari manusia sebisa mungkin. Tapi ketika beruang terpojok atau terkejut, mereka dapat menyerang dan bahkan membunuh manusia. Induk beruang yang sedang bersama anaknya atau yang sedang mempertahankan makanannya bisa menjadi sangat berbahaya.

Did You Know

Jika Anda sedang berkemah atau mendaki daerah dimana beruang tinggal, ada beberapa langkah dasar yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisir potensi bahaya. Saat mendaki atau berjalan-jalan dalam kelompok, teruslah berbicara, bernyanyi, atau membuat suara-suara gaduh lainnya sehingga beruang yang berada di dekat Anda akan mendengarnya dan pergi menjauh. Tetaplah berada di tempat-tempat terbuka di mana beruang bisa melihat Anda dari kejauhan.

Jauhi sumber makanan beruang, seperti buah dan bangkai. Jika Anda kebetulan melihat beruang di kejauhan, jangan mendekatinya, tetaplah menjaga jarak dengannya sejauh mungkin. Saat berkemah, simpan semua sisa makanan dan kotoran dalam kantong plastik tertutup dan gantunglah 4,5 meter di atas tanah. Lebih lanjut, sebaiknya berkonsultasilah dengan penjaga hutan setempat agar terhindar dari serangan beruang.

Komentar Anda