Mungkinkah Kita Bisa Hidup Dengan Satu Ginjal?

Dapatkah seseorang bertahan hidup hanya dengan satu ginjal? Faktanya, beberapa orang dilahirkan hanya dengan satu ginjal. Beberapa lainnya kehilangan ginjal karena suatu penyakit. Dan meskipun ginjal yang rapuh itu dilindungi oleh lapisan lemak tebal, organ ini dapat terluka karena pukulan keras pada tubuh. Itulah sebabnya mengapa memukul ginjal dalam pertandingan tinju dilarang. Meskipun satu ginjal rusak, seseorang masih bisa hidup sehat dan normal sepanjang hayatnya.

Did You Know

Kedua ginjal melakukan pekerjaan yang sama persis, yakni menghilangkan kotoran dan racun dari dalam tubuh, mengatur keseimbangan cairan tubuh, dan menjaga tekanan darah. Sepanjang hidup seseorang, organ luar biasa ini membersihkan lebih dari 1 juta galon cairan. Cairan sebanyak itu cukup untuk mengisi sebuah danau kecil!

Satu ginjal dapat menangani tugas besar ini. Bahkan, jika salah satu ginjal diambil, ginjal yang tersisa dapat meningkatkan ukurannya sebesar 50 persen dalam waktu dua bulan untuk mengambil alih seluruh tugasnya.

Komentar Anda