Mengapa Venus dan Bumi Sangat Berbeda?

Mengapa kedua planet ini sangat berbeda satu sama lain? Keberadaan air di bumi dan kurangnya air di Venus membuat dua planet ini menjadi sangat berbeda satu sama lain. Venus kemungkinan tidak pernah memiliki sejumlah besar air. Di sisi lain, bumi memiliki pasokan air yang melimpah. Air telah memainkan peranan yang sangat penting dalam membentuk atmosfer, temperatur, dan permukaan planet.

bumi dan venus

Atmosefer Venus sebagian besar terdiri atas karbon dioksida yang memerangkap panas matahari dan membuat planet ini jauh lebih panas dari bumi. Hal ini dikenal sebagai efek rumah kaca (greenhouse effect) karena mirip cara rumah kaca memerangkap panas matahari dengan kaca. Meskipun pada satu waktu bumi memiliki karbon dioksida di atmosfer yang hampir sama banyaknya dengan Venus, namun banyak dari gas tersebut yang berkombinasi dengan mineral dan air di lautan sehingga membentuk batuan karbonat. Proses ini menghilangkan banyak karbon dioksida di atmosfer awal bumi.

Suhu di Venus begitu tinggi sehingga batuan planet itu terlalu lemah untuk membentuk lempengan. Karena tidak ada air di dalamnya, batuan kerak Venus tidak bisa bergerak dan hanya sangat sedikit berubah dalam jutaan tahun. Batu kerak bumi kaku dan terbagi dalam potongan besar yang disebut lempeng tektonik. Air dalam batuan kerak bumi melumasi lempengan-lempengan ini yang memungkinkannya bergerak di dalam perut planet ini. Selama jutaan tahun keberadaan bumi, permukaannya terus berubah karena tabrakan antar lempeng yang membentuk pegunungan dan pecahan lempeng yang menciptakan rongga yang dipenuhi dengan air laut.

Komentar Anda