Musik dalam Kehidupan Orang Afrika

Nyanyian AfrikaOrang-orang Afrika sangat mencintai musik. Mereka memainkan musik saat sedang bersantai dan bertamasya bersama. Selain itu, musik juga dimainkan dalam upacara keagamaan, festival, dan kerja.

Musik memegang peranan penting dalam upacara kelahiran, inisiasi, pernikahan, dan pemakaman orang Afrika. Lagu-lagu dimainkan dalam beberapa kegiatan tertentu untuk membantu orang-orang mengingat sejarah dan adat istiadat mereka.

Di banyak bagian Afrika, orang dewasa membawa anak-anak mereka ke kamp-kamp khusus untuk upacara inisiasi. Disana para tetua mengajarkan pada gadis-gadis dan anak laki-laki tentang kedewasaan. Gadis-gadis belajar ninabobo sebagai bagian dari pelatihan perawatan anak. Anak laki-laki belajar lagu-lagu sejarah untuk mempelajari kebiasaan masyarakat mereka. Melalui musik, anak-anak juga dapat belajar tentang angka dan bahasa serta teknik menyanyi dan menari.

Beberapa musisi di Afrika adalah spesialis yang mendapat pelatihan formal dari anggota keluarga atau seorang musisi profesional. Musik adalah bagian penting dari kehidupan sehari-hari orang Afrika. Semua orang berpartisipasi dalam permainan atau pertunjukan dengan menari, menyanyi, bertepuk tangan, atau memainkan alat musik. Kaum ibu melatih anak-anak mereka bergoyang mengikuti alunan musik dan menyanyikan lagu-lagu.

Di antara orang-orang Fon di Afrika Barat, anak-anak yang kehilangan gigi pertama mereka harus menyanyikan sebuah lagu khusus untuk memperingati peristiwa tersebut. Anak-anak juga belajar musik dengan cara bermain dan bercerita.

Dalam banyak masyarakat Afrika, para musisi dikagumi dan dihormati karena jasa mereka bagi masyarakat dalam hal musik. Tetapi beberapa orang Afrika percaya bahwa musisi adalah orang malas karena mereka menghabiskan waktunya hanya untuk membuat musik.

Terkadang, melalui musiknya para musisi mengkritik perilaku orang-orang di sekitar mereka yang tidak dapat diterima, dan ini dapat membuat musisi tersebut menjadi tidak populer. Namun, kebanyakan orang Afrika percaya bahwa para musisi memainkan peran penting dalam masyarakat.

Komentar Anda