Siapakah Sesungguhnya Orang-Orang Mesir Kuno Itu?

Mesir KunoOrang-orang Mesir kuno adalah orang-orang yang menciptakan salah satu peradaban besar pertama di dunia. Peradaban ini berkembang sekitar 5.000 tahun yang lalu di lembah Sungai Nil, timur laut Afrika, dan berlangsung selama lebih dari 3.000 tahun.

Peradaban Mesir kuno dibangun diatas bidang tanah subur yang sempit dan panjang tanah dengan dikelilingi gurun di setiap sisinya. Sungai Nil yang masyhur mengalir melalui tengah-tengah bidang tanah subur ini membawa pasokan air secara teratur. Setiap tahun sungai ini banjir dan membawa serta tanah subur ke seluruh areal yang dilewati banjir. Hal ini memungkinkan petani Mesir untuk menanam tanaman pangan secara besar-besaran.

Orang-orang Mesir menaklukkan daerah yang luas di dekatnya. Pada 3100 SM, mereka memerintah wilayah yang membentang lebih dari 1.600 kilometer, dari Laut Mediterania di utara hingga wilayah yang kini disebut Sudan di selatan. Orang-orang Mesir juga membangun hubungan perdagangan dengan dunia bagian lain seperti Afrika Utara dan Asia barat daya.

Orang-orang Mesir kuno membangun kota-kota besar, seperti Thebes. Mereka mengembangkan salah satu pemerintahan nasional pertama. Mesir Kuno diperintah oleh seorang raja yang dikenal di zaman kemudian sebagai firaun. Orang-orang Mesir menciptakan kalender mereka sendiri dari semacam kertas yang disebut papirus, dan hieroglif, bentuk tulisan dengan menggunakan gambar. Orang Mesir kuno percaya kehidupan setelah kematian dan agama mereka adalah agama kompleks yang memiliki banyak dewa serta ritual.

Orang-orang Mesir kuno dikenal karena bangunan mereka. Piramida di Giza adalah beberapa struktur yang paling menakjubkan yang pernah dibuat manusia. Bangunan ini dibuat sebagai makam, di mana raja-raja Mesir dikuburkan bersama dengan beberapa ratu dan anggota keluarga lainnya. Piramida telah bertahan selama ribuan tahun bersama dengan karya-karya terkenal lainnya seperti Sphinx, patung dari batu besar berbentuk kepala manusia dengan tubuh singa dan Kuil Karnak, kuil terbesar Mesir kuno.

Komentar Anda