10 Pemain Terbaik Arsenal Sepanjang Masa

Arsenal

Arsenal adalah salah satu raksasa Liga Premier Inggris yang sudah menorehkan banyak prestasi baik di kancah domestik maupun internasional. Tim berjuluk The Gunners ini didirikan pada tahun 1886 dengan nama Dial Square. Segudang trofi yang diboyong Arsenal tentu tak lepas dari deretan pemain bintang yang sempat merumput bersama tim asal kota London ini. Berikut daftar 10 pemain terbaik Arsenal sepanjang masa.

10. Sol Campbell

sol campbellPalang pintu raksasa ini adalah jaminan bagi lini belakang Arsenal dari musim 2001/02 sampai musim 2005/06. Dengan tinggi badan mencapai 188 cm, bek tengah ini menjadi andalan dalam duel-duel udara. Didatangkan dari Tottenham, Campbell sukses menyumbangkan dua trofi Liga Premier, tiga Piala FA, dua piala Community Shields, serta runner-up Liga Champions. Campbell juga berandil besar dalam pencapaian prestasi gemilang Arsenal pada musim 2003/04, yakni menjadi tim Inggris pertama yang sukses melewati 38 laga dalam satu musim tanpa satupun kekalahan.

9. George Graham

George GrahamPemain yang satu ini dijuluki ‘Stroller’ karena gaya bermainnya yang tak mau berlari sia-sia di sepanjang pertandingan. Ia adalah legenda Arsenal, baik sebagai pemain maupun pelatih. Sebagai pemain ia sukses menyumbangkan 77 gol dari 308 laga dan beberapa trofi seperti Liga, Piala Inter-Cities Fairs, dan Piala FA. Prestasinya sebagai manajer The Gunners juga mentereng. Graham berhasil mengantar tim memboyong dua trofi Liga, satu Piala FA, dua Piala Liga, satu Charity Shield, dan satu Piala Winners antara tahun 1986 sampai 1995.

8. Cliff Bastin

Cliff BastinCliff Bastin adalah mesin gol Arsenal yang legendaris. Ia membukukan 178 gol dalam 328 penampilannya bersama The Gunners. Rekornya bertahan selama 52 tahun sejak tahun 1946 sebelum akhirnya dipecahkan Ian Wright pada 1998. Andai tidak didera cedera dan Perang Dunia II tidak terjadi, bisa saja koleksi gol Bastin semakin bertambah. Bastin menjadi bagian penting kesuksesan Arsenal mendominasi kancah sepakbola Inggris pada era 1930-an. Bastin membawa Arsenal lima kali meraih Piala Liga dan dua kali Piala FA.

7. Ian Wright

Ian WrightPublik London tentu tak bisa melupakan sosok Ian Wright. Merumput bersama Arsenal sebanyak 287 kali, Wright sudah mencatatkan 185 gol. Ialah yang pertama memecahkan rekor gol sepanjang masa Arsenal yang dipegang Cliff Bastin selama 52 tahun. Diboyong Arsenal dari Crystal Palace pada 1991, Wright sukses menyabet gelar Golden Boot berkat torehan 29 golnya di Liga Inggris. Wright memang mesin gol yang menakutkan. Selama enam musim berseragam The Gunners, Wright menjadi top skorer Arsenal secara beruntun. Ia memberi Arsenal dua gelar Piala FA, satu gelar Liga Premier, satu gelar piala UEFA, dan satu gelar Piala Liga.

6. Patrick Vieira

Patrick VieiraGelandang asal Perancis ini adalah pemimpin lapangan tengah Arsenal selama sembilan tahun (1996–2005) dengan torehan 33 gol. Sosoknya yang tinggi besar menjadi poros keseimbangan lini sentral The Gunners. Vieira sukses menggantikan peran kapten pendahulu Arsenal, Tony Adams, lewat kepemimpinannya yang inspirasional. Ia sukses mempersembahkan tiga gelar Liga Premier, empat Piala FA, dan empat Community Shields. Peran Vieira sungguh tak tergantikan di Arsenal. Betapa tidak, dari 406 penampilannya bersama Arsenal, hanya 10 kali ia dimainkan sebagai pemain pengganti!

5. Liam Brady

Liam BradyLiam Brady terkenal berkat permainannya yang elegan di lapangan tengah. Teknik dan skillnya mumpuni, kaki kirinya sangat kuat, passingnya akurat dan berkualitas, serta memiliki kontrol bola yang lengket. Meski hanya sanggup menyumbangkan satu gelar Piala FA 1979 selama merumput bersama Arsenal, Brady tetaplah dianggap pemain legendaris yang mampu bersinar kala Arsenal mengalami masa keterpurukan di era 70-an. Brady menyumbangkan 59 gol dari total 307 penampilannya bersama The Gunners sebelum akhirnya pindah ke Juventus dan menyabet gelar Liga Italia.

4. Frank McLintock

McLintockSalah satu pemain terhormat yang dimiliki Arsenal. Kepemimpinannya tak tergantikan dalam 403 laganya bersama Arsenal dari tahun 1964 hingga tahun 1973. Posisi awalnya adalah gelandang sebelum akhirnya digeser menjadi bek tengah. Didatangkan The Gunners dari Leicester City dengan memecahkan rekor transfer klub, McLintock langsung menjadi pemain utama tim yang lantas didaulat menjadi kapten pada 1967. Ia sukses membawa Arsenal meraih satu Piala Inter-Cities Fairs, satu Piala Liga, dan satu Piala FA. Sepanjang karirnya, McLintock menyumbangkan 32 gol untuk Arsenal.

3. Dennis Bergkamp

Dennis BergkampPria berkebangsaan Belanda ini adalah salah satu pemain terpenting yang pernah dimiliki Arsenal. Bergkamp mampu mengubah Arsenal dari tim papan tengah menjadi tim predator yang haus gelar juara di bawah asuhan Arsene Wenger. Tampil sebanyak 423 bersama The Gunners, Bergkamp menorehkan 120 gol dan memberikan 11 trofi bergengsi untuk Arsenal. Penyerang timnas Belanda ini sangat kuat dalam bola udara, memiliki teknik tinggi, serta assist yang nyaris sempurna. Arsenal menghormati kontribusi Bergkamp ini dengan mendirikan sebuah patung dirinya di Emirates Stadium, markas Arsenal.

2. Thierry Henry

Thierry HenryTak bisa dipungkiri, Henry adalah penyerang terbaik Arsenal sepanjang masa. Ia adalah pemegang rekor gol Arsenal sampai saat ini, yakni 228 gol dari 377 penampilan. Pria asal Perancis ini adalah legenda Arsenal yang sangat menakutkan bagi lawan. Ia adalah kapten tim, mesin gol utama, ahli bola-bola mati, serta pengumpan jitu. Selama musim 1999 hingga 2012, Henry adalah andalan tak tergantikan lini depan Arsenal. Empat kali menjadi top skorer Liga Inggris dan dua kali menjadi Pemain Terbaik Liga Inggris adalah catatan pribadi Henry yang bersanding dengan dua gelar Liga Premier, tiga Piala FA dan dua piala Community Shield. Sebuah patung di Emirates Stadium didirikan untuk mengenang jasa-jasa Henry bagi Arsenal.

1. Tony Adams

Tony AdamsTony Adams adalah pemain terbesar dalam sejarah Arsenal. 22 tahun berseragam The Gunners, pemain belakang ini sangat dicintai fans Arsenal. Ia masuk dalam daftar Football League 100 Legends yang merupakan jajaran pemain terbaik Liga Inggris sepanjang masa.

Adams merupakan kapten terbaik Arsenal, memimpin Arsenal selama dua dekade, dan mengalami masa jatuh bangun tim London ini. Ia tampil sebanyak 672 kali dengan sumbangan 47 gol. Ia mempersembahkan empat gelar Liga Inggris, tiga Piala FA, dua Piala Liga, dan satu Piala Winners. Arsenal juga mendirikan sebuah patung di Emirates Stadium untuk menghormatinya.

Komentar Anda