Mengenang Jaguar Arizona Yang Telah Punah

jaguar ArizonaHewan karnivora yang satu ini memiliki nama ilmiah Panthera oncaarizonensis dengan bobot mencapai 113 kg. Jaguar ini habitat aslinya ada di wilayah Arizona, Meksiko, dan Panama. Makanan utama Jaguar Arizona adalah tikus kecil, burung, reptil, ikan, rusa, dan sapi. Mengapa binatang ini punah?

Jaguar Arizona menghuni wilayah paling utara dari lima subspesies jaguar lainnya. Pada suatu waktu, mereka pernah menjelajahi seluruh daerah kering Amerika Serikat bagian selatan. Sayangnya, kini jaguar Arizona mungkin sudah punah. Tidak ada yang pernah melihat makhluk ini dalam 20 tahun terakhir.

Jaguar dari Amerika Tengah dan Selatan juga dekat dengan kepunahan. Petani dan peternak telah memburu kucing besar ini terus-menerus selama ratusan tahun. Mereka melakukannya karena kadang-kadang jaguar membunuh hewan ternak. Sebagian orang memburu jaguar hanya untuk olahraga. Mereka menjadikan kulit bertutul kucing besar ini sebagai hadiahnya.

Jaguar Arizona adalah kucing liar terbesar dan terkuat di belahan bumi barat. Mereka memiliki tubuh yang kompak, gemuk, kaki bulat, dan cakar yang lebar. Hal ini menjadikan jaguar Arizona perenang yang kuat dengan ketahanan prima. Jaguar Arizona lebih memilih tinggal di dekat sungai. Mereka dapat menangkap ikan dan mandi disana. Ketika menangkap ikan, mereka akan menerkam seperti kucing rumah yang memangsa tikus.

Sebagaimana kucing rumah, jaguar juga tergolong hewan yang cerdas. Mereka bisa menggunakan ujung ekornya sebagai umpan pancingan. Mereka akan memainkan ujung ekornya itu di atas permukaan air secara perlahan.

Jaguar Arizona memang sudah lenyap. Tapi masih ada masa depan untuk jaguar-jaguar di tempat lain. Saat ini, kegiatan menjual atau membawa kulit tutul jaguar ke Amerika Serikat adalah ilegal. Kosta Rika dan negara-negara lain sudah membangun suaka margasatwa yang besar dimana kucing liar ini dapat berkeliaran dengan aman.

Komentar Anda