Mempertahankan Kesegaran Buah Bagi Pedagang Buah

Buah segar perlu dipertahankan kesegarannya selama mungkin bila ingin mendapatkan keuntungan yang besar dalam berdagang buah. Pada pedagang besar, buah yang bagus tidak langsung dipasarkan, melainkan disimpan dulu dalam gudang pendingin sambil menanti waktu musim berakhir. Tujuannya adalah agar dalam penjualan nanti keuntungan yang diperoleh bisa berlipat karena buah bisa ditawarkan dengan harga yang mahal.

Buah

Dalam penyimpanan buah, selain diperlukan kondisi gudang yang sehat dan bersih juga dibutuhkan suhu ruangan yang dingin. Pada suhu antara 8-10 derajat celcius dan kelembaban udara antara 85-90 persen, kesegaran buah bisa dipertahankan sampai tujuh minggu lamanya. Bila selama penyimpanan dipergunakan kantong yang beraerasi baik, maka kesegaran buah bisa dipertahankan lebih lama lagi.

Dengan menempatkan pada ruangan dengan suhu rendah (di bawah nol derajat celcius), kesegaran buah mangga bisa dipertahankan jauh lebih lama lagi. Hal ini disebabkan pada suhu rendah, kegiatan enzimatis akan terhenti, begitu pula kegiatan mikroorganisme yang menyebabkan kerusakan pada buah menjadi samasekali tidak berkembang. Dengan demikian, kesegaran buah bisa dipertahankan lebih lanjut, bahkan sampai berbulan-bulan lamanya.

Komentar Anda