Mengenal Seluk-Beluk Kamera Nokia N70

N70Nokia N70 merupakan ponsel istimewa dengan kamera generasi 2MP keluaran Nokia. Meski tergolong jadul, Nokia N70 punya segudang fitur-fitur menarik dengan kualitas baik, salah satunya kamera.

Meskipun Nokia N70 tidak dilengkapi auto-focus dan optic buatan Carl Zeiss sebagaimana Nokia N90, namun kualitas gambar yang dihasilkan terkadang malah lebih baik dibandingkan hasil jepretan N90. Pada masa itu, di penghujung tahun 2005, satu-satunya ponsel yang kameranya bisa dipertandingkan dengan N70 hanyalah kamera ponsel keluaran Sony Ericsson.

Kamera Nokia N70 memiliki resolusi maksimal 1600 × 1200 pixel atau setara dengan 1,92MP. Ada juga beberapa pilihan resolusi yang lebih rendah, yakni 1024 × 768 dan 640 × 480. Gambar-gambar hasil bidikan N70 akan disimpan dalam format JPEG dengan perkiraan ukuran file sebesar 400 kb.

Sebagai ponsel yang tidak memiliki optic viewfinder, N70 menggunakan layar sebagai gantinya. Ketika hendak memotret, pengguna bisa memegang ponsel dengan satu tangan atau secara horizontal layaknya kamera foto pada umumnya.  Foto yang dihasilkan dengan cara ini akan ditampilkan secara vertikal. N70 dilengkapi dengan tombol samping yang berfungsi mengaktifkan shutter release. Tombol release ini memberikan efek suara jepretan ketika memotret, namun bisa juga dimatikan.

Cara paling cepat untuk mengaktifkan kamera Nokia N70 adalah dengan melepaskan penutup belakang untuk memunculkan lensa kameranya. Kecepatan pengambilan foto sekitar 4,4 detik, sedikit lebih lambat jika dibanding ponsel sejenis. Disamping kamera terdapat kaca putih tempat flash. Anda bisa mengaktifkan flash ketika memotret guna memberikan pencahayaan yang terang. Flash ini juga bisa dinonaktifkan. Hati-hati ketika menutup cover lensa, sebab ketika itu tertutup, semua setingan akan hilang.

Kamera Nokia N70 dilengkapi beberapa modus seperti automatic, portraits, landscape, night, dan sport. Ada juga modus manual dimana pengguna bisa menyeting sendiri kesukaannya. Yang harus diketahui, buku panduan N70 menyatakan modus Sport akan mengurangi resolusi hingga menjadi 800 x 600 pixel. Dalam kenyataannya, resolusinya tidak berkurang samasekali. Tak ketinggalan efek warna seperti sepia, hitam putih, dan inverse juga bisa digunakan untuk memperkaya hasil bidikan.

Untuk video, kamera Nokia N70 akan mengambil video dengan resolusi 352 × 288 pixel dengan beberapa format, antara lain MP4 dan 3GPP. Secara umum, kamera Nokia N70 cukup bagus untuk menunjang aktifitas fotografi Anda.

Komentar Anda