Sifat dan Perangai Anjing Borzoi

Anjing BorzoiPara pecinta anjing tentu mengenal anjing yang satu ini. Borzoi dikembangbiakkan selama ratusan tahun oleh kaum bangsawan Rusia dengan cara menyilangkan Arabian Greyhound dengan anjing gembala berbulu panjang Rusia lainnya. Anjing-anjing itu lantas disebut Russian Wolfhounds di Amerika sampai pada tahun 1936 ketika namanya diubah menjadi “Borzoi,” berasal dari kata Rusia “borzii”, yang berarti cepat.

Anjing Borzoi tergolong hewan peliharaan yang sangat setia kepada majikannya. Anjing ini sangat sayang pada orang-orang yang ia kenal dengan baik. Ia dapat dilatih agar semakin patuh, tetapi harus diingat bahwa Borzoi adalah anjing pemburu yang memiliki perangai sedikit bebas serta kurang bersedia untuk menyenangkan manusia jika dibandingkan peranakan anjing lainnya. Meski demikian, Borzoi sangatlah cerdas. Melatih Borzoi harus dilakukan dengan lembut, namun tetap tegas dan konsisten.

Borzoi membutuhkan majikan yang memiliki otoritas alami di atasnya, mampu membuat aturan rumah yang jelas dan menjalankannya dengan tegas. Borzoi sering tampak seperti kucing yang suka menjaga kebersihan diri. Ia adalah anjing yang tenang dan jarang menggonggong. Sebagaimana anjing pemburu lainnya, Borzoi sangat cepat dan hanya memiliki sedikit naluri teritorial. Oleh karena itu, anjing ini tidak boleh dilepaskan dari tali kekang, kecuali di daerah yang aman atau berpagar.

Jika Borzoi melihat ada hewan kecil, ia mungkin akan mengejarnya, bahkan ia tidak akan mendengar panggilan majikannya. Meski berperangai baik dengan anjing lain, Borzoi tetap harus diawasi dengan hewan peliharaan non-anjing seperti kucing, kelinci, marmut, dan hamster. Membiarkan Borzoi bersama dengan hewan kecil lain tidak disarankan. Borzoi bisa berosialisasi sangat baik dengan kucing dan hewan peliharaan lainnya di usia semuda mungkin, tapi ingat Borzoi akan selalu menjadi pemburu yang mungkin akan selalu mengejar hewan yang berlari.

Borzoi adalah anjing yang bisa bergaul cukup baik dengan anak-anak, tetapi tidak cocok untuk menjadi teman bermain anak karena tidak baik dalam permainan yang sedikit kasar. Selama tahap pertumbuhan, anjing ini membutuhkan diet yang sangat bergizi.

Komentar Anda