Sekilas Tentang Afghan Hound, Anjing Berpenampilan Istimewa

Dinamakan afghan hound karena anjing yang termasuk keturunan murni ini gambarnya ditemukan dalam sebuah gua kuno di Afghanistan utara. Karena itu pula banyak yang menduga ia berasal dari Afghanistan, kemudian berkembang di Eropa dan secara ilegal dimasukkan dan dikembangbiakkan di Amerika dan Australia. Di Indonesia, anjing afghan sudah mulai populer dan anjing ini sudah ada sejak lebih dari 20 tahun yang lalu, didatangkan dari Amerika dan Australia.

Afghan houndafghan hound

Di negara asalnya, anjing yang termasuk dalam kelompok hound ini pernah dikenal sebagai anjing penggembala terkemuka dan pemburu serigala. Namun akhir-akhir ini fungsinya berubah menjadi teman bermain karena karakternya yang manis, pintar, dan sensitif. Apalagi ia ramah kepada setiap orang, sekalipun terhadap orang asing dan anak kecil.

Penampilan afghan hound istimewa. Tinggi badannya tak kurang dari 70 cm dengan bobot 26-34 kg. tubuhnya jangkung dan ramping, dibalut bulu halus seperti sutera. Penampilan terbaiknya dicapai ketika ia berumur 2-3 tahun. Agar penampilan afghan hound selalu rapi, bulunya disisir setiap hari. Selain itu, bulu-bulu yang tumbuh di telapak kaki perlu dipotong agar tidak “menyapu” lantai.

Komentar Anda