Hal Yang Ingin Didengarkan Dokter Pada Kunjungan Pertama Anda

konsultasi dokterJika Anda berencana mengunjungi seorang dokter untuk memeriksa kesehatan Anda, maka ada beberapa hal yang akan ditanyakan sang dokter pada Anda. Informasi akurat mengenai latar belakang kesehatan Anda sangat membantu dokter dalam memeriksa kondisi kesehatan Anda terkini. Berikut detail mengenai apa saja yang harus Anda persiapkan pada kunjungan pertama ke dokter.

– Keluhan Spesifik, apa saja yang menjadi keluhan Anda. Jelaskan secara jelas dan detail segala keluhan yang Anda alami, seperti demam, pusing, sakit di area tertentu, atau gejala lainnya. Jelaskan juga sudah berapa lama Anda merasakan semua itu, apakah Anda mengalami sakit yang sama di masa lalu, dan apa saja yang bisa membuat sakit Anda menjadi lebih baik atau lebih buruk.

– Catatan Medis Anda, termasuk penyakit serius di masa kecil dan saat dewasa, imunisasi, kondisi kronis, riwayat rawat inap atau opname, operasi, dan kondisi medis lainnya. Katakan juga siapa saja dokter atau ahli spesialis yang pernah menangani penyakit anda dalam beberapa tahun terakhir.

– Riwayat Kesehatan Keluarga, terutama mengenai penyakit yang ada dalam keluarga Anda, seperti darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, atau kanker. Ceritakan juga mengenai riwayat kesehatan orangtua, kakak, adik, kakek, nenek, dan anggota keluarga lainnya yang memiliki pola hubungan penyakit yang hampir sama.

– Alergi dan Reaksi Obat, jelaskan pada dokter alergi yang mungkin Anda derita atau reaksi berlebihan pada obat tertentu yang Anda konsumsi, berikut dengan resep-resep dari reaksi obat tersebut.

– Suplemen dan Pengobatan, dokter perlu mengetahui apa saja suplemen dan pengobatan yang selama ini Anda konsumsi, misalnya aspirin, obat alergi, vitamin, atau resep pengobatan lain. Informasikan pada dokter Anda mengenai dosis dan frekuensi pemakaian harian Anda serta lama Anda mengkonsumsi obat-obatan tersebut.

– Gaya Hidup, ceritakan pula gaya hidup Anda pada dokter. Pola makan, olahraga, stress, hingga gaya hidup buruk seperti merokok dan minum minuman beralkohol serta apapun yang memberi pengaruh pada kesehatan Anda adalah hal-hal yang perlu diinformasikan pada dokter pada kunjungan pertama. (KembangPete)

Komentar Anda